Focus Group Discussion ‘Pengelolaan Credit Voucher’ dan Tips Mengadakan FGD

Tugas marcomm-ku kali ini adalah mengadakan focus group discussion (fgd) bersama dengan divisi voucher, divisi administrasi, divisi pembukuan, dan divisi keuangan karena FGD kali ini mengambil tema “pengelolaan credit voucher”.
FGD ini mengundang 17 perusahaan pelanggan credit voucher dari Blue Bird Group. Para perusahaan yg diundang ini dipilih secara random namun pembayarannya lancar. Tujuan dari focus group discussion ini adalah menggali insight dari pelanggan credit voucher yang corporate, seperti apa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan credit voucher ini dan apa saja masukan dan harapan dari pelanggan atas pengelolaan credit voucher untuk corporate ini.

Acara kali ini diadakan di Raja Rasa, Ampera, Jakarta Selatan. Ternyata restoran ini kecil jika terlihat dari luar, ternyata bagus banget.. Makanannya enak, sehat, berkualitas, harganya affordable, suasananya seperti bukan di Jakarta. Kita juga bisa milih mau makan di kursi, lesehan, atau makan di saung. Ketika masuk ruangan ini kita disambut oleh lagu khas sunda, karena restoran ini adalah restoran sunda dan sea food.

Suasana di depan kolam ikan

Suasana di sekitar saung

Boleh milih, mau duduk apa lesehan

 

Nah, kali ini aku mau bagi-bagi tips jika ingin mengadakan FGD (Focus Group Discussion):

1. Pilihah customer potensial yg dapat digali insight sebanyak mungkin
2. Siapkan slide presentasi yg akan disampaikan
3. Siapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada peserta FGD
4. Siapkan talking point yang akan dibicarakan
5. Mengundang peserta, usahakan tidak lebih dari 20. Jika peserta mencapai 20, bagilah ke dalam 4 bagian agar FGD dapat berjalan lebih efektif.

6. Undanglah 5 peserta lagi (sebagai cadangan), karena belum tentu semua peserta hadir

7. Siapkan F&B yang pas

8. Pada hari H, persiapkan acara satu jam sebelumnya yaa..

9. Berusahalah untuk mingle dengan peserta agar mereka terlihat enjoy dengan kita sehingga insight yang didapatkan akan banyak

10. Berikan souvenir sebagai kenang-kenangan

Semoga sukses ya bagi yang ingin menjalankan FGD 🙂

Suasana FGD (Focus Group Discussion)

 

2 comments

  1. John Michael Sheehan says:

    It was excited to come across your site a short while ago. I arrived here today hoping to learn interesting things. I was not upset. Your well thought out ideas with new strategies on this subject matter were enlightening and a great help to me. Thank you for making time to create these things and for sharing your mind.

Leave a Reply