Pesan Moral Makan di Hanamasa atau restoran sejenis

Tahukah kalian dengan restoran Jepang-All-You-Can-Eat “Hanamasa”? Atau malahan pernah mencicipinya ?

Menurut kalian, apa yg bisa dipelajari dari makan di Hanamasa ?

Kalau menurut saya, inti yg dipelajari adalah sebagai berikut:

1. Jangan serakah. Jika kita melihat bar dan bahan-bahan makanan siap saji yang berjejer rapi, rasanya ingin mengambil sebanyak mungkin dan menggoreng/merebusnya di meja kita. Jadi, ambil secukupnya saja. Kalau kita sudah mendapatkan nikmat yang berlimpah, jangan serakah. Kalau kita sudah punya 1 pasangan, ya jangan nambah lagi.

2. Bertanggung jawab atas keputusan yang telah kita ambil. Ya, kita harus menghabiskan makanan yang telah kita pilih. Bertanggung jawab tidak hanya dengan pasangan ataupun pekerjaan. Pada makanan pun kita harus bertanggung jawab.

 3. Bersyukur dengan nikmat Tuhan. Kita diberikan nikmat untuk makan sepuasnya, kita juga harus bersyukur kepada Tuhan dan salah satunya adalah dengan menghabiskan makanan.

4.Menahan hawa nafsu. Bagaimana iman tidak tergoda melihat daging, seafood, salad, dan lain sebagainya yg dapat kita nikmati sepuasnya, tapi kita juga harus ingat dengan keterbatasan lambung dan alat pencernaan yang kita miliki.

5. Bersabar dan berusaha. Sabar karena ketika lapar, kita  harus berusaha untuk mengambil bahan makanan yang masih mentah untuk kita goreng/rebus terlebih dahulu, kita juga harus bersabar menunggu makanan matang. Setelah kita bersabar dan berusaha, maka kita dapat menikmati makanan tersebut. Sama seperti hidup, jika kita terus berusaha dan bersabar, maka Insya Allah hasil yang indah akan kita dapatkan. Amiinn

 

Jadi, let’s eat at Hanamasa dan makan-makanlah dengan bijak :p

Makan-makan di Hanamasa Pondok Indah Mall I bersama pacar :)

Leave a Reply