Tips Memotret Pantai

Beberapa waktu lalu saya ‘mencuri’ ilmu dari Barry Kusuma, seorang fotografer terkemuka di tanah air dan say akan share tips yang saya dapat di blog pribadi saya. Here we go..

  1. Untuk memotret lansekap pantai, waktu terbaik adalah antara pukul 05.00 –  08.00 atau 16.00 – 19.00 (Kalau saya sih biasanya motret sunset karena terlalu ngantuk untuk motret sunrise. Hehe..).
  2. Bawa filter circular polarizer (CPL) untuk menghilangkan pantulan matahari di air laut, selain untuk memperbaiki warna langit jika cuaca kurang cerah.
  3. Matikan flash dan gunakan mode “Sunset” untuk kamera saku jika ingin membuat foto siluet aktivitas di pantai. Untuk DSLR, gunakan mode “Manual” dan ukur eksposur di area terang di belakang objek.
  4. Ukuran megapiksel bukan fitur terpenting dari sebuah kamera; tapi ukuran sensorlah yang perlu dipertimbangkan.
  5. Baca buku manual kamera untuk memastikan penggunaan fitur yang ada.
  6. Sebelum memotret, periksa kembali setting kamera. Misalya ISO rendah untuk memotret lansekap pantai di pagi dan sore hari, dan ISO tinggi untuk memotret sunset atau sunrise (jika tidak menggunakan tripod).
  7. Gunakan setting ISO serendah mungkin. Meski ada fitur noise reduction, namun ISO tinggi tetap akan mengurangi detail foto secara keseluruhan.
  8. Format memory card hanya di kamera, jangan di komputer. Sebelum memformat, pindahkan foto ke media lain seperti DVD atau external hardisk.
  9. Pilih file RAW untuk kualitas foto yang lebih baik daripada JPEG.
  10. Cara paling tepat meningkatkan kemampuan fotografi adalah dengan terus memotret. (oke, siap Om Barry!)

Semoga tips yang saya share dari Om Barry ini berguna ya bagi teman-teman yang sedang belajar fotografi!

Leave a Reply