Menelusuri Gizi Gado-Gado

Jika ditanya apa makanan Indonesia yang paling mendunia, pasti kebanyakan yang menjawab rendang, sate ayam, nasi goreng, maupun bakso (kesukaan Presiden Obama). Tapi tahukah Anda bahwa gado-gado adalah makanan yang saat ini juga mendunia dan dicari orang, lho! Perlombaan memasak internasional di Napoli pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado gado bukan sembarang makanan. Di ajang ini gado gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika.

Tidak ada yang tahu persis asal muasal salad asli Indonesia ini, namun sebagian besar referensi cenderung mengasosiasikan Gado-Gado sebagai hidangan asli dari Betawi. Asal usul nama pun nampaknya senasib dengan asal muasalnya.

Selfie sama gado-gado :D

Selfie sama gado-gado 😀

Alasan saya mengulas gado-gado di dalam perlombaan blog Jelajah Gizi adalah :

  1. Gado-gado (menurut saya) harganya murah, jadi bisa berhemat deh J
  2. Gado-gado mudah ditemui, khususnya di lingkungan rumah dan perkantoran.
  3. Saya yang kurang suka dengan nasi, bisa makan gado-gado menggunakan lontong
  4. Gado-gado banyak sayurannya (untuk saya yang suka makan sayur)
  5. Makan gado-gado tidak membuat feeling guilty
Gado-gado pesanan saya sedang dibungkus. Bukti bahwa Gado-gado mudah dicari di mana saja.

Gado-gado pesanan saya sedang dibungkus. Bukti bahwa Gado-gado mudah dicari di mana saja.

Gado-gado yang dijual biasanya berisikan tempe, tauge, tahu, kentang, pare, timun, dan kangkung. Nah, masing-masing bahan makanan yang ada di Gado-gado ini banyak khasiatnya. Kandungan gizi yang ada pada makanan khas Betawi tersebut bermanfaat bagi perkembangan metabolisme tubuh karena campuran sayuran yang memiliki banyak kalori dan karbohidrat. Berikut adalah gambar kandungan gizi yang ada pada 1 porsi makanan Gado-Gado (yang biasanya saya makan, karena biasanya berbeda-beda isinya tiap penjual):

  1. Tauge = Meningkatkan Kesuburan

Tauge ini, meski kecil tapi dipercaya meningkatkan kesuburan (mungkin saya langsung punya anak setelah menikah karena sering makan gado-gado yang banyak tauge-nya kali ya hehe). Di dalam tauge ini terdapat vitamin A,B kompleks, C,E, serta mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino dan protein.

  1. Kentang = Bagus untuk Kulit

Kentang ini mengandung karbohidrat. Jika saya sedang tidak mau pakai lontong, biasanya kentang menjadi alternatifnya. Kentang mengandung nutrisi lengkap karena memiliki kandungan vitamin C, B-Kompleks, kalium, magnesium, zinc serta fosfor, dan ini bagus untuk kulit.

  1. Kangkung = Kaya Zat Besi

Kangkung itu kaya akan zat besi dan ini sangat bermanfaat bagi orang yang terkena anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi.

  1. Tahu = Protein Nabati Terbaik

Tahu memiliki protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna tinggi (sebesar 85% – 98%). Dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung mengonsumsi tahu sebagai makanan pengganti protein hewani. Pada tahu terdapat protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium.

  1. Tempe = Sumber Protein Si Binaraga

Tempe mengandung sekitar 18 jenis protein dan asam amino yang mudah dicerna tubuh, sangat cocok untuk mereka yang menjalani diet dan weight loss seperti para atlet bianraga dan fitness mania.

  1. Telur = Bagus untuk Otak

Telur mengandung 74 kalori, protein, lutein dan zeaxanthin, dan vitamin D. Kuning telurnya merupakan salah satu sumber nutrisi kolin yang bagus untuk perumbuhan otak janin dan fungsi otak pada orang dewasa.

  1. Timun = Menjaga Tekanan Darah

Timun juga mengandung kalori yang rendah, kalium yang tinggi, antioksidan, tinggi air rendah natrium untuk mencegah dehidrasi, dan mengandung vitamin K

  1. Pare = Pahit di Lidah Tapi Manis Khasiatnya

Pare mengandung zat lesichin untuk menangkal sel kanker, adanya kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 membatasi perkembangan HIV, serat, vitamin C, kalium dan karoten bagus untuk pencernaan, vitamin C-nya dapat memelihara kecantikan dari efek buruk sinar ultraviolet

Gado-gado untuk makan siang

Gado-gado untuk makan siang

Nah, banyak sekali ya manfaat memakan gado-gado yang sudah mendunia ini. Asalkan ketika makan gado-gado diusahakan jangan terlalu banyak dicampur bumbu kacang dan kerupuknya. Mari kita jadikan makanan Indonesia yang bergizi ke kancah internasional!

Video tentang Gado-gado bisa dilihat di sini:

(Sumber:Movie Coupon Indonesia / Courtesy : YouTube)

*Tulisan ini diikutsertakan ke dalam Blog Writing Contest “Jelajah Gizi” @Nutrisi_Bangsa persembahan dari Sari Husada

poster-jelajah-gizi

 

Leave a Reply