Anak Anda Sering Tantrum? Ini Solusinya!

Bersuskur menjadi seorang Ibu. Membangun interaksi yang dekat dengan buah hati akan memberikan banyak pelajaran bagi saya.

Bersyukur menjadi seorang Ibu. Membangun interaksi yang dekat dengan buah hati akan memberikan banyak pelajaran bagi saya.

Menjadi orangtua adalah proses belajar seumur hidup. Pengetahuan sebagai orangtua senantiasa bertambah dan diuji dalam mendidik buah hati. Kalau Anda termasuk orangtua muda, maka membangun interaksi yang dekat dengan buah hati akan memberikan banyak pelajaran bagi Anda.

Karakter setiap orang berbeda-beda, begitu pun halnya dengan karakter anak Anda. Ada anak kecil yang penurut dan ada juga yang sering marah atau ngambek jika keinginannya tidak terpenuhi. Salah satu gejala yang ditunjukkan oleh anak yang sedang marah adalah tantrum.

Apa Itu Tantrum?

Tantrum bisa didefinisikan sebagai ungkapan emosi pada anak-anak yang terjadi saat keinginannya tidak terpenuhi. Tantrum bisa dialami oleh anak-anak berusia 1 hingga 5 tahun dengan cara yang sangat variatif. Ada anak yang berteriak-teriak, menangis histeris, memukul orang di sekitarnya, atau berguling-guling di lantai saat mengalami tantrum.

Mengapa Tantrum Bisa Terjadi?

Salah satu hal yang menjadi pencetus tantrum adalah perilaku orangtua yang terlalu memanjakan anak. Orangtua yang selalu menuruti keinginan anaknya atau berusaha menghibur sang anak saat anak tersebut kecewa justru bisa mencetuskan perilaku tantrum pada anak.

Hal ini terjadi karena anak seringkali tidak dapat meluapkan emosinya pada saat yang tepat. Jadilah emosi yang terakumulasi tersebut malah dilampiaskan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya ketika keinginannya benar-benar tidak bisa dikabulkan oleh orangtua.

Cara Ampuh Mengatasi Tantrum

Jangan panik dengan perilaku tantrum yang terjadi pada buah hati Anda. Solusinya, Anda bisa memilih untuk diam dan tidak mempedulikan anak yang sedang tantrum. Kondisi tantrum biasanya berlangsung selama kurang lebih 2 menit. Setelah emosi anak Anda mereda, barulah Anda bisa memberikan penjelasan mengapa Anda tidak dapat mengabulkan permintaannya. Jalinlah kedekatan emosional dengan buah hati Anda agar perangainya menjadi lebih penurut dan mau menjadi pendengar Anda.

Jalin kedekatan emosional dengan berbelanja bersama di MatahariMall.com.

Meluangkan waktu bersama bisa menjadi sarana yang efektif dalam dalam meningkatkan emosional. Kedekatan emosional dapat dibentuk dengan berbagai cara. Berolahraga bersama, berbelanja bersama bisa jadi salah satunya. Di waktu senggang, Anda bisa mengajak buah hati Anda untuk memilih kebutuhannya dengan mengakses https://www.mataharimall.com. Tidak menuruti keinginan bukan berarti Anda tidak menyayangi anak Anda. Ajarkan mengenai batasan antara kebutuhan dan keinginan pada anak sedini mungkin. Selain itu, MatahariMall juga bisa membuat Anda mendapatkan produk kebutuhan anak secara praktis dan hemat.

Memilih aneka barang-barang kebutuhan di MatahariMall bersama keluarga pasti sangat menyenangkan.

 

Milih diapers bersama di mataharimall.com sambil quality time bersama anak

Milih diapers bersama di mataharimall.com sambil quality time bersama anak

Leave a Reply