Memulai Bisnis Online dengan Jurus & Gadget yang Tepat

Saat ini bisnis apa sih yang bisa dikatakan mudah, efisien dari segi harga dan waktu?

Menurut saya, jawabannya adalah bisnis online. Namun kadangkala kita bingung, online yang seperti apa? Bagaimana memulainya? Media online apa yang harus digunakan? Sampai gadget yang bisa mendukung bisnis online kita.

Saya sendiri masih memulai bisnis online saya melalui Instagram, namanya “nitimanta” tapi saya masih kurang yakin dengan namanya dan masih memikirkan strategi promosi serta penjualannya.

Bagaimana ya?

Nah…. Sepertinya pertanyaan saya terjawab dengan diluncurkannya buku 5W1H Jurus Jurus Memulai Bisnis Online karya Yoris Sebastian yang didukung oleh Samsung Electronics Indonesia. Buku ini memberikan gambaran serta poanduan dari beberapa perilaku bisnis online di Indonesia diantaranya Dian Sastro dengan brand-nya 3skinny minnies. Buku ini terdiri dari 144 halaman dan ditulis oleh Yoris Sebastian (Creative Junkies) dan diterbitkan oleh Gramedia (Harga: Rp. 53.000). Beruntung saya diundang di acara peluncurannya yang diadakan di The Hook Senopati, Jakarta, 8 Desember 2015 lalu. Jadi bisa langsung ketemu Yoris, Dian dan mendapatkan secara gratis bukunya.

Tahu gak, hasil lembaga riser Forst and Sullivan memprediksi hingga tahun 2015 peningkatan bisnis online akan mencapai 60 persen, which is ini menjadi opportunity untuk kita memulai bisnis online. Pertumbuhan dan perkembangan tersebut akan meningkat mencapai 67%. Saat ini total pengguna aktif Instagram mencapai 400 juta.

Dian Sastrowardoyo, aktris sekaligus pemilik bisnis online 3skinny minnies; Yoris Sebastian, penulis dan pemilik Creative Junkies, pada peluncuran dan diskusi buku ‘5W1H Jurus-jurus Memulai Bisnis Online’. Foto: Doc Leo Burnett

Dian Sastrowardoyo, aktris sekaligus pemilik bisnis online 3skinny minnies; Yoris Sebastian, penulis dan pemilik Creative Junkies, pada peluncuran dan diskusi buku ‘5W1H Jurus-jurus Memulai Bisnis Online’.
Foto: Doc Leo Burnett

Trus, Bagaimana dengan Gadget-nya ya?

Gadget itu paliiiing penting sebagai alat kerja bisnis online. Untuk memotret, upload, chat dengan supplier, calon customer atau dengan customer. Untuk itu diperlukan gadget dengan fitur-fitur terdepan seperti yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note5. Tentunya kita perlu dong memotret produk kita dengan baik agar hasilnya menarik konsumen, maka Samsung Galaxy Note 5 ini bisa menjadi pilihan bagi pebisnis online karena kamera belakangnya 16 MP dengan OIS (Optical Image Stabilizer) serta kamera depan 5 MP yang keduanya memiliki real time HDR dan aperture f1.9. Selain itu ada off-screen memo sehingga kita bisa mebuat note dengan segera. Ini penting banget jika tiba-tiba kita dapat inspirasi, maka bisa langsung dituangkan dalam bentuk memo.

Foto bareng Dian Sastrowardoyo. Semoga keberuntungan-keberuntungannya dia menular :p

Foto bareng Dian Sastrowardoyo. Semoga keberuntungan-keberuntungannya dia menular :p

Dian aja bisnis online…

Yap, Aktris terkenal Dian Sastrowardoyo aja berbisnis online. “Saya sebenarnya telah melakukan bisnis online dari beberapa tahun lalu, di mana saya dan teman saya berjualan barangbarang keperluan bayi dari Jepang dan Korea, namun yang paling serius dan saya tekuni sampai sekarang adalah catering diet dengan brand ‘3 Skinny Minnies’ yang saya jalankan bersama beberapa teman sejak Agustus tahun 2014 lalu” ,kata Dian Sastrowardoyo, aktris sekaligus pelaku online bisnis.

Hm, sepertinya semangat berbisnis online saya jadi tambah meningkat nih, buku 5W1H Jurus Jurus Memulai Bisnis Online menjadi panduan saya untuk berbisnis online, dan salah satu idola saya, Dian Sastro-pun menjalankan bisnis online. Maka saya juga gak boleh kalah dong.. Lumayan kan buat nambah-nambah penghasilan 🙂

Buku 5W1H Jurus Jurus Memulai Bisnis Online karya Yoris Sebastian yang didukung oleh Samsung Electronics Indonesia dengan cover yang unik.

Buku 5W1H Jurus Jurus Memulai Bisnis Online karya Yoris Sebastian yang didukung oleh Samsung Electronics Indonesia dengan cover yang unik.

Oh ia, berbicara tentang buku 5W1H Jurus Jurus Memulai Bisnis Online , ada yang menarik dari covernya karena covernya seperti buku “Coloring for Adults” dan kita juga mendapatkan spidol untuk mewarnainya. Benar-benar kreatif dan up-to-date. Buku ini juga menjadi personalize banget untuk kita, karena warna covernya sesuai dengan keinginan kita.

Leave a Reply