Merasakan 4G LTE Via Smartfren Andromax M2Y di Bali

Seberapa pentingkah kecepatan internet bagi Anda? Saya yakin Anda akan menjawab “Ya, penting!” Termasuk saya akan mengatakan hal yang sama.

Bisa dibilang kehidupan saya tiada hari tanpa internet. Bekerja pasti menggunakan internet untuk update berita, kirim dan terima email, browsing dan lain sebagainya. Dalam kehidupan sehari-hari juga memerlukan internet seperti menggunakan Waze atau Google Map. Oh ya, kebiasaan saya menggunakan internet akhir-akhir ini adalah membuka YouTube untuk mencari video yang dapat ditonton oleh anak, terutama video hewan karena anak saya suka sekali hewan. Kadang suka BT kalau anak rewel dan minta diputarkan video, lalu internetnya lemot dan videonya tidak dapat diputar atau buffering. Anak BT, saya pun jadi senewen.  Nah, penting banget kan kecepatan internet itu!

Internet yang cepat juga sangat saya perlukan ketika liburan atau business traveling ke luar kota, selain itu saya juga membutuhkan router untuk devices saya karena dalam satu kali bepergian, saya sering membawa beberapa devices sekaligus seperti smartphone, laptop dan tablet. Tidak efisien rasanya jika masing-masing device tersebut menggunakan 3 paket internet, tentunya hal itu akan memangkas budget saya. Jadi, internet yang cepat dan router yang dapat diandalkan sangat dibutuhkan bagi saya seorang wanita karir, ibu rumah tangga dan seseorang yang aktif di media sosial.

Sudah ada Internet 4G LTE di Indonesia

Ah, syukurlah sekarang di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) sudah ada internet 4G yang dapat dinikmati melalui berbagai macam provider, salah satunya Smartfren yang  terdepan dalam hal internet 4G. Mari kita tes 4G LTE-nya Smartfren di Bali dengan membawa Smartfren Andromax M2Y (MiFi Andromax 4GLTE).

  • Bandara Ngurah Rai, Bali

Tiba di bandara Ngurah Rai, Saya langsung mengaktifkan device yangn bejibun dan mengaktifkan Smartfren Andromax M2Y. Di sini saya sudah merasakan kecepatan internet 4G LTE-nya Smartfren. Oh ia, keunggulan router ini adalah ringan dan ukurannya mini (jadi tidak makan tempat di tas saya yang sudah banyak isinya dan tidak memberatkan tas saya yang cukup berat).

  • Bali Safari & Marine Park

Di sini, sinyal 4G-nya Smartfren masih stabil dengan kecepatannya. Sambil merasakan Safari Journey dan berjalan-jalan di Bali Safari, saya bisa update social media dengan cepat, bahkan sempat download dan upload kerjaan kantor.

  • Seminyak

Di tempat saya menginap, kecepatan 4G Smartfren masih oke, jadi saya bisa video call dengan anak di rumah tanpa gangguan koneksi lemot.

  • Gianyar – Ubud

Selama sepedaan dari Gianyar dan Ubud, kecepatan 4G Smartfren tidak ada gangguan, jadi sambil istirahat sejenak, saya bisa aktif di social media. Bahkan ketika nyasar, saya bisa menggunakan waze dengan koneksi yang cepat, jadi gak tambah nyasar.

  • Sungai Ayung

Nah, di sini amaze juga sih, soalnya ini sungai lokasinya di bawah banget tapi saya masih bisa aktif di social media dengan kecepatan 4G Smartfren.

Bisa eksis di pinggir sungai Ayung berkat Smartfren Andromax M2Y

Bisa eksis di pinggir sungai Ayung berkat Smartfren Andromax M2Y. 4Gnya kenceng. Wuuuzz….

Harga & Spesifikasi Smarftren Andromax M2Y

Smartfren Andromax M2Y ukurannya gak makan tempat dan ringan.

Smartfren Andromax M2Y ukurannya gak makan tempat dan ringan.

MiFi Andromax 4GLTE ini dibandrol seharga Rp. 299.000,- (Terjangkau kan bagi Ibu Bekerja seperti saya) 🙂  dengan spesifikasi:

  • Dapat dikoneksikan dengan Tablet, PC, Smartphone dan perangkat WiFi lainnya
  • Mendukung WiFi 2.4 GHz
  • Mendukung sampai dengan 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
  • Mendukung Mobile WiFi App untuk penyetelan lebih ringkas
  • Fungsi Wireless Storage, berbagi musik, video dan file lainnya melalui koneksi WiFi
  • MicroSD slot, support up to 32 GB
  • Baterai 2000mAh (Maksimum 10 jam waktu kerja LTE dan 350 jam waktu siaga)
  • Tutorial Aktivasi Andromax M2Y

Oh ya, yang saya suka dari Smartfren ini adalah kepraktisan. Sehabis isi pulsa, kita tidak perlu aktivasi data segala karena kita bisa langsung menggunakan datanya.

Unpacking Smartfren Andromax M2Y

Unpacking Smartfren Andromax M2Y

Apakah Benar 4G Bikin Boros?

Beruntung saya ikut acara Jelajah Bali bersama Smartren dan Majalah Time & Travel karena kami dijelaskan mengenai jaringan 4GLTE oleh Pak Munir, Head of Network Social Project Smartfren. Pak Munir menjelaskan perbedaan 3G dan 4G dan mengapa 4G dianggap lebih boros. Jadi asosiasinya adalah seperti ini; Jaringan 3G ibarat keran yang tersumbat, sedangkan 4G keran dengan air yang mengalir deras. Maka ketika aliran itu deras (dalam hal ini koneksi lancar), kita akan jadi lebih konsumtif dalam menggunakan internet. Untuk itu diperlukan rasa bijak dalam diri kita untuk menggunakan gadget dan jaringan internet. Intinya jika digunakan secara bijak, 4G tidak akan bikin boros.

Layanan Smartfren 4GLTE  ini sudah bisa dinikmati di 85 kota di Indonesia. Untuk mengecek coverage-nya, silakan klik di sini.

Happy lunchi! Lunch-meeting tetap membawa Smartfren Andromax M2Y. Gak makan tempat di meja makan :p

Happy lunchi! Lunch-meeting tetap membawa Smartfren Andromax M2Y. Gak makan tempat di meja makan :p

*Special Thanks To Mas Seno , Smartfren team, Time Travel Magz

6 comments

Leave a Reply