Inilah 5 Imunisasi Dasar Lengkap untuk Bayi yang Baru Lahir

Merawat bayi yang baru lahir adalah rutinitas yang menyenangkan sekaligus mendebarkan bagi orangtua baru. Sebab orangtua baru masih harus banyak belajar untuk memenuhi segala kebutuhan bayi. Soal urusan perlengkapan bayi bisa diselesaikan dengan belanja online di MatahariMall. Sebab pilihan perlengkapan bayi di MatahariMall sangat modern dan siap memenuhi semua kebutuhan bayi.

Lain halnya soal kebutuhan imunisasi dasar lengkap untuk si buah hati. Setidaknya para orangtua harus tahu perihal 5 imunisasi dasar lengkap ini untuk si kecil yang baru lahir.

Imunisasi Hepatitis B

Hepatitis B merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Serangan terhadap organ hati jelas akan menimbulkan risiko kesehatan yang berbahaya bagi bayi. Bayi baru lahir berusia 0 hingga 7 hari biasanya patut mendapatkan imunisasi hepatitis B tahap pertama. Selanjutnya, imunisasi diberikan pada bayi berusia 1 hingga 2 bulan. Masih ada pula imunisasi tahap ketiga untuk batita berusia 6 bulan hingga 1,5 tahun.

DPT

DPT adalah singkatan untuk penyakit Dipteri, Pertusis, dan Tetanus. Dipteri merupakan penyakit yang menyerang saluran tenggorokan. Sedangkan pertusis adalah infeksi saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala batuk hebat hingga radang paru-paru. Penyakit yang terakhir yang tetanus adalah infeksi kuman yang menyerang sistem saraf dan otot.

Imunisasi Polio

Wabah polio memang sudah tidak lagi menjangkiti masyarakat Indonesia. Namun kewaspadaan terhadap penyakit ini harus tetap dilakukan secara seksama. Bayi berusia 0 hingga 4 bulan harus menerima imunisasi polio untuk mencegah penyakit yang berisiko menyebabkan kelumpuhan ini.

BCG

Imunisasi yang satu ini diberikan pada bayi berusia maksimal 1 bulan untuk mencegah penyakit TBC (tuberkulosis). Imunisasi yang satu ini biasanya akan menimbulkan bekas di kulit berupa jaringan parut disertai sedikit benjolan di permukana kulit.

Campak

Biasanya para orangtua mengetahui tentang infomasi imunisasi penyakit ini. Bayi berusia 9 bulan sudah bisa memperoleh imunisasi campak. Ketika beranjak besar dan sudah memasuki usia sekolah, biasanya sejumlah sekolah akan mengadakan program imunisasi campak untuk para muridnya.

Nah, selain memenuhi kebutuhan perlengkapan bayi, sudahkah para orangtua memberikan imunisasi dasar lengkap untuk si buah hati yang baru lahir?

Kalau belum, yuk segera hubungi dokter anak dan buatlah jadwal untuk imunisasi secepatnya.

 

Alhamdulillah Zhafranizzan bisa imunisasi sesuai jadwalnya, kecuali imunisasi tambahan yang sedang langka :(

Alhamdulillah Zhafranizzan bisa imunisasi sesuai jadwalnya, kecuali imunisasi tambahan yang sedang langka :(

Leave a Reply