Waktu Berkualitas Penentu Kebahagiaan Keluarga

Jika ditanya lebih baik kualitas atau kuantitas bersama anak? Saya tentu akan menjawab kualitas. Buat apa lama-lama atau sering bersama anak jika kita asik sendiri menonton televisi/film atau juga memainkan gadget kita? Dari hasil survey Indonesian Nutrition Association (INA) menyatakan bahwa “menghabiskan satu jam saja bersama anak dapat meningkatkan kebahagiaan ibu dan ayah secara signifikan, bahkan sampai dua minggu ke depan”. Selanjutnya hasil survei juga mengungkapkan bahwa ibu masih menduduki urutan teratas untuk perannya dalam pengasuhan anak, sementara ayah menempati urutan keempat setelah nenek atau kakek dan anggota keluarga lain, maupun guru.

Selama ini kita hanya mengetahui bahwa peran ayah yang utama adalah mencari nafkah, tapi siapa sangka bahwa ayah juga berperan dalam keharmonisan keluarga, lho! Menurut Psikolog Rini Hildayani , M.Si “Penting bagi ayah dan ibu untuk saling bekerja sama dalam memperbanyak interaksi dengan anak yang melibatkan komunikasi serta sentuhan fisik. Misalnya ketika anak melakukan sesuatu yang baik, orang tua bisa menunjukkan apresiasi melalui pujian dan belaian.”

Nah, saya ingin bercerita bagaimana suami saya memiliki bonding moment dengan anak kami, Zhafranizzan yang September 2016 ini genap berusia 2 tahun. Saya bersyukur memiliki suami yang care terhadap saya maupun anak saya. Bonding moment ini sudah dia jalankan sejak anak saya masih di dalam perut, mulai dari mengelus, mengajak berbicara, dan memperdengarkan doa untuknya. Ketika ia lahir, suami saya tak ragu untuk membersihkan kotoran, mengganti popok bahkan memandikannya. Oh ya, bahkan urusan menggunting kuku bayi pun dia lebih jago daripada saya, lho! Meski kami memiliki pengasuh anak, suami saya masih sering turun langsung mengurus anak seperti menyuapi, memakaikan baju dan bermain tentunya.

Menjemur bayi juga salah satu bonding time

Menjemur bayi juga salah satu bonding time

Kebetulan suami saya memiliki waktu kerja yang berbeda dengan saya, dia bisa pulang dari kantor jam 24.00 dan sampai rumah jam 01.00 dini hari. Kadang-kadang anak kami bangun di jam papanya pulang. Suami saya dengan sabar mengajaknya bermain, entah itu bermain mobil-mobilan, mengenalkan berbagai jenis binatang, hingga memainkan apa saja yang ada di rumah saat itu. Meski hanya 1 jam, bonding time ini berarti bagi si anak. Ia akan merasa diperhatikan, disayangi sehingga tumbuh kembang anak pun akan bagus. Contohnya saja anak kami saat ini sering mengejutkan dengan kata-kata di luar dugaan kami berdua sampai kami pun akan bilang “Wah, kok Zhafran bisa bilang itu ya…” Bonding time pun diteruskan ketika anak kami tidur. Setelah anak tidur dengan nyenyak, papanya akan mengusap kepala sambil mendoakannya, lalu mencium ubun-ubun kepalanya. Tentunya hal tersebut baik untuk religi sang anak. Melihatnya pun saya bahagia.

Dalam 1 bulan sekali hingga dua kali (karena saya kuliah), kami merencakan kegiatan ke luar rumah, misalnya berolahraga di taman, maupun berekreasi ke tempat wisata. Minggu lalu kami menyempatkan jalan-jalan ke Monas. Mulai dari menggunakan taksi, Commuter Line, dan bajaj, kami melakukan bonding time bersama dengan berinteraksi satu sama lain. Anak saya senang sekali melihat dan merasakan sesuatu yang baru seperti naik Commuter Line, naik bajaj dan bisa lari sepuasnya di area Monas. Saya percaya bonding time seperti ini akan menentukan karakternya dan tentunya akan berdampak positif terhadap keluarga kecil kami. Tubuh kami sehat, jiwa kami terikat 🙂

Nestle 2

Menggunakan Taksi untuk ke stasiun

Menggunakan Taksi untuk ke stasiun

Naik Commuter Line dari Suasiun UI sampai Gondangdia

Naik Commuter Line dari Suasiun UI sampai Gondangdia

Untuk memenuhi kalsium dan kebutuhan-minum-susu Zhafran, kami memberikan Nestlé LACTOGROW yang memiliki kandungan Asam Linoleat (Omega 6), Asam Alfa-Linolenat (Omega 3), minyak ikan, 11 vitamin dan 7 mineral. Kebetulan anak saya tidak bisa minum sembarang susu dikarenakan pencernaannya bermasalah, Alhamdulillah Zhafran cocok mengonsumsi Nestlé LACTOGROW. Alhamdulillah lagi ketika saya diundang di acara press conference Nestlé Lactogrow Happy Date with Legendaddy – Happy Winter Land, isi goodie bag-nya ada 2 kotak susu Nestlé LACTOGROW. Alhamdulillah rezeki anak saleh :). Sayangnya saya tidak sempat mengajak anak saya bermain di Happy Winter Land karena bentrok dengan jadwal kuliah. Huhuhu 🙁 BTW masih ada cara lain kok untuk bonding moment dengan anak, salah satunya saat memberikan dia susu Nestlé LACTOGROW :).

Choky Sitohang, salah satu Legendaddy juga hadir di acara  Nestlé LACTOGROW

Choky Sitohang, salah satu Legendaddy juga hadir di acara Nestlé LACTOGROW

Leave a Reply