Menikmati Keindahan Bawah Laut Manado yang Luar Biasa

Manado, siapa yang tidak mengenal kota yang sangat fenomenal ini. Manado adalah Ibukota dari Sulawesi Utara, yang letaknya berada di Teluk Manado. Salah satu yang sangat terkenal dari Manado adalah keindahan bawah lautnya yang sangat memukau. Siapa yang tidak mengenal keindahan bawah laut Manado? Bahkan karena keindahannya, Manado dikukuhkan sebagai Ibukota terumbu karang dunia oleh World Coral Reef Conference (WCRC). Wow!

Pastinya bagi Anda yang pernah melihat langsung keindahan bawah laut Manado merasa sudah tidak heran lagi, karena keanekaragaman dan kekayaan terumbu karang di perairan ini mencakup sepertiga luasnya terumbu karang di dunia. Untuk Anda yang belum pernah melihat keindahan alam bawah laut Manado, atau baru melihatnya di TV. Anda bisa membuktikan dengan melihatnya sendiri, Maha Karya Sang Pencipta yang luar biasa.

Keindahan Taman Laut Bunaken. Sumber : kiritoshinon28.blogspot.co.id

Keindahan Taman Laut Bunaken. Sumber : kiritoshinon28.blogspot.co.id

Jarak Manado memang cukup jauh, terlebih bagi Anda yang berada di luar Pulau Sulawesi. Jarak yang jauh tentunya menjadikan harga tiket pesawat ke kota ini tidak murah. Namun jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan harga termurah dari beberapa maskapai bertarif rendah, seperti Trigana Air. Cari tiket trigana air murah terbilang cukup mudah, Anda hanya cukup mengeceknya di online travel agent yang sudah terpercaya.

Jika urusan harga tiket sudah tidak menjadi kendala, maka mari tentukan tujuan wisata Anda. Apa saja wisata yang bisa Anda kunjungi di Manado? Simak ulasanya berikut ini.

  1. Taman Laut Bunaken

Jangan tanya mengenai taman laut yang sudah sangat mendunia ini, eksistensinya pun sama dengan Raja Ampat, Senggi, dan Sabang. Bagi Anda pencinta diving dan snorkeling, pastinya hal ini adalah salah satu yang paling Anda nantikan. Bagaimana tidak, di taman laut ini setidaknya terdapat 39 spot selam. Bahkan menjelajahinya dalam waktu sehari pun mungkin tidak akan cukup.

Sumber : kiritoshinon28.blogspot.co.id

Sumber : kiritoshinon28.blogspot.co.id

Hal ini tentu akan membuat Anda betah dan ingin berlama – lama di sini. Dari 39 spot selam, ternyata masing – masing spot memiliki nama tersendiri lho, seperti Lekuan 1, Lekuan 2, Lekuan 3, Muka Kampung, Mandolin, Fukui, dan lain-lain. Bagi Anda yang tidak bisa diving/snorkeling tak perlu khawatir, karena Anda juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan menggunakan perahu berkaca.

Menikmati bawah laut dari kaca kapal. Sumber : kiritoshinon28.blogspot.co.id

Menikmati bawah laut dari kaca kapal. Sumber : kiritoshinon28.blogspot.co.id

Sumber : tempatberliburwisata.blogspot.co.id

Selain diving, snorkeling, dan naik perahu berkaca, terdapat beberapa kegiatan yang Anda lakukan di sini. Seperti, foto bawah air, berjemur, dan berkeliling di Pulau Bunaken. Selain Pulau Bunaken, terdapat pula Pulau Siladen yang juga memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa.

  1. Pulau Siladen

Pulau Siladen terletak di sebelah timur Pulau Bunaken, karena lokasinya yang masih di Taman Laut Bunaken jadi tak perlu ragukan lagi mengenai pulau yang satu ini. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih bersih, air laut yang jernih, serta suasana yang sangat tenang. Pulau ini juga memiliki dua spot selam yang sangat menarik untuk dijelajahi, yaitu Siladen 1 dan Siladen 2.

Pulau Siladen merupakan salah satu pulau di kepulauan taman laut bunaken. Sumber: pasirpantai.com Pulau Siladen merupakan salah satu pulau di kepulauan taman laut bunaken. Sumber: pasirpantai.com

Pulau Siladen merupakan salah satu pulau di kepulauan taman laut bunaken. Sumber: pasirpantai.com

Soal akomodasi, pulau ini juga memiliki akomodasi seperti resort dan homestay yang fasilitasnya cukup baik. So, pulau ini sangat layak untuk dikunjungi jika Anda berlibur di Bunaken.

  1. Taman Laut Tumbak

Taman laut Tumbak berada di Desa Tumbak Kabupaten Minahasa Tenggara, untuk menuju taman laut ini dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Manado. Pesona yang dimiliki taman laut ini sangatlah mengagumkan dan tak kalah dengan Taman Laut Bunaken. Setidaknya di taman laut ini terdapat 20 spot selam yang bisa Anda jelajahi, seperti Taman Karang, Pintu Samudera, Napo Kecil, Bohaga Kecil dan lain – lain.

Dari kota Manado, kita harus menempuh perjalanan darat selama tiga jam menuju Tumbak. Sumber: breaktime.co.id

Dari kota Manado, kita harus menempuh perjalanan darat selama tiga jam menuju Tumbak. Sumber: breaktime.co.id

Meskipun keindahan bawah laut taman ini mampu menyamai Taman Laut Bunaken, namun sayangnya tempat ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Bagaimana, apakah Anda ingin mencoba mengunjungi taman laut ini dan mengenalkannya pada dunia?

  1. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh adalah salah satu pulau yang berada di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Untuk menuju pulau ini dari Kota Manado dibutuhkan waktu sekitar satu jam, yaitu 45 menit perjalanan darat dari Kota Manado ke Kota Bitung, dan 15 menit perjalanan laut untuk menuju pulau ini.

Sumber : backpackerindonesia.com

Sumber : backpackerindonesia.com

 

Pulau ini adalah salah satu pulau yang patut Anda kunjungi ketika di Provinsi Sulawesi Utara, karena pulau ini memiliki 88 spot mneyelam. Wow! Banyak sekali bukan? Keanekaragaman bawah laut di pulau ini sangat menarik, namun sama seperti Taman Laut Tumbak, pulau ini juga kalah terkenal dengan Taman Laut Bunaken.

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan spot menyelam yang akan Anda temui di Sulawesi Utara. Bahkan mungkin waktu satu bulan penuh pun kurang untuk menjelajahi keindahan bawah laut yang ada di sini. So, tunggu apa lagi? Yuk explore Sulawesi Utara!

 

3 comments

    • mwulan says:

      Iya Mba Dee, Indonesia itu kaya banget.. Tapi sayangnya bisa jadi lebih mahal travelling di Indonesia dibandingkan ke luar negeri. Untunglah sekarang ada budget airline yak…

      • Dee - HDR says:

        Wajar sih, karena persoalan insfrastruktur yang belum memadai sehingga transportasi jadi bisa lebih mahal karena akses yang sulit 🙂

        Justru tantangannya disitu, bikin pengalaman travelling nggak bakal mudah dilupakan.

Leave a Reply