Berwisata Alam di Kalibiru Yogyakarta

Beberapa tahun belakangan ini di media sosial saya, dan mungkin juga Anda, penuh dengan foto-di-atas-pohon dengan latar belakang pemandangan Waduk Sermo dan pepohonan yang menyejukkan mata. Ya, ternyata spot foto tersebut berlokasi di Wisata Alam Kalibiru, Kulonprogo, D.I. Yogyakarta.

Minggu, 8 Januari 2017 saya dan keluarga suami berkunjung ke sana karena penasaran seperti apa berfoto di  ‘rumah pohon’ dengan pemandangan yang menakjubkan – membayangkan film Heart yang dibintangi Nirina dan Irwansyah :p .

Merayakan wedding anniversary di atas pohon dengan latar Waduk Sermo :)

Merayakan wedding anniversary di atas pohon dengan latar Waduk Sermo :)

Spot foto di Kalibiru ada 5; ada spot panggung (yang bisa digunakan untuk foto keluarga karena tempatnya luas, mungkin bisa sampai 10 orang) dan tangga untuk naiknya juga tidak curam dan pendek, spot bundar, spot love (spot 3), dan spot 2 yang menurut salah satu pengelola di sana adalah spot favorit.  Tadinya saya dan suami ingin berfoto di spot love, ternyata spot ini sedang penuh dan antrinya cukup lama, akhirnya kami ke spot 2 yang untungnya hanya menunggu 4 antrian (@antrian kurang lebih 10 – 15 menit termasuk persiapan, naik tangga, foto-foto di atas, sampai turun lagi dan memilih foto dari fotografer).

Oke, aku ceritakan dari awal perjalanan ya… Waktu yang ditempuh dari kota Yogyakarta dengan kondisi lancar kurang lebih 1,5 jam. Setelah hampir sampai lokasi, kami ditawarkan untuk naik jeep karena medan-nya curam, sempit, jalannya ada yang beraspal, ada yang masih tanah dan berkerikil. Awalnya kami ingin pakai mobil sendiri saja, namun karena tidak ingin mengambil resiko, kami putuskan naik jeep dengan pengemudi yang berpengalaman. Muatan penumpang untuk jeep minimal 4, dan karena kami berenam (dengan Zhafran 2,4 tahun) maka 1 jeep bisa muat untuk kami saja. Harga yang dikeluarkan untuk naik jeep 5 orang PP: Rp. 200.000,- dan membayar parkir mobil Rp. 5.000,-.

Perjalanan dari tempat parkir ke lokasi wisata menggunakan jeep.

Perjalanan dari tempat parkir ke lokasi wisata menggunakan jeep.

imageedit_9_8056275818

Dari tempat parkir sampai ke lokasi, membutuhkan waktu sekitar 10 menit dan cukup membuat pusing. Kalau Zhafran anak saya sih senang-senang saja 😀 . Turun dari Jeep, ternyata kami harus berjalan kaki dan menanjak yang cukup melelahkan karena tanjakannya curam, apalagi saya saat itu pakai wedges 7 cm L . Saya kira lokasi ke spot foto tidak akan ada tanjakan curam. Ternyata oh ternyata harus nanjak-nanjak….

Ini pas turun, karena takut kepleset, aku lebih memilih nyeker nenteng sendal. Thanks to Oom Ocit udah gendong Zhaf :p

Ini pas turun, karena takut kepleset, aku lebih memilih nyeker nenteng sendal. Thanks to Oom Ocit udah gendong Zhaf :p

Sampai di post 1, kita harus membayar tiket Rp. 10.000,-/orang, lalu kita harus berjalan, menanjak, menuruni jalan lagi untuk ke spot- spot foto. Benar-benar harus berenergi deh kalau kesini.  Untuk foto di atas pohon, dikenakan biaya Rp. 15.000/orang. Untuk mendapatkan soft copy foto dari fotografer, dikenakan biaya Rp. 5.000/soft copy foto.

Untuk menaiki pohon di spot 2, kami harus naik tangga yang terbuat dari bamboo dan cukup tinggi, bahkan ada yang gak jadi naik karena ketakutan saat naik tangga. Kalau saya mah, hajar bleh! Sampai di atas pohon, pemandangannya memang bagus banget. Ijo royo-royo dan pemandangan Waduk Sermo yang cantik banget. Rasanya mau lama-lama di atas (eh terus inget antrian di bawah). Akhirnya setelah beberapa kali action, kami turun dan milih-milih foto yang mau dipindahin ke HP via card reader. Oh ia, kalau mau pindahin poto dari mas mbak-nya bisa pakai flashdisk, kabel data, dan memory card melalui card reader.

imageedit_3_6112516153

Indahnya pemandangan dari atas sini. Kita juga bisa melihat Waduk Sermo yang cantik.

Untuk fasilitas di sini lumayan mencukupi kebutuhan. Ada tempat salat meski tempatnya tidak terlalu lega namun cukup bersih. Untuk toilet, di sini toiletnya lumayan bersih, airnya besih dan WC jongkok. Untuk tempat makan, ada lah kalau untuk beli camilan-camilan serta minuman segar.

Last but not least, selamat jalan-jalan di Kalibiru!

 

Resume biaya wisata ke Kalibiru:

Biaya sewa jeep untuk 5 orang : Rp. 200.000,-

Parkir mobil: Rp. 5.000,-

Tiket masuk : Rp. 10.000,-/orang (Kala itu akhir masa liburan tahun baru)

Tiket poto di atas pohon P: Rp. 15.000,-/orang

Soft copy foto: Rp. 5.000/foto

(Belum termasuk makan dan minum). Oh ia di sini ada tahu bulat, lho….! Digoreng hangat-hangat. Gurih-gurih nyoy….! 😀

 

Tips dari mwulan:

  1. Pakai baju yang nyaman
  2. Pakaia sepatu flat/sepatu sport kalau perlu
  3. Bawa tisu kering, tisu basah, kalau bisa tisu penyerap keringat juga dibawa
  4. Bawa payung kalau musim hujan
  5. Bawa air mineral biar tidak terdehidrasi
  6. Bawa pasangan (Ups ini opsional ya :p).
  7. Tidak disarankan bawa anak yang masih digendong kecuali kamu kuat sekali :p.

 

 

 

 

 

 

 

6 comments

    • mwulan says:

      Iya Mba Ribka, keren banget!
      Recommended untuk liburan sama teman-teman, tapi kalau mau bawa anak balita harus pikir-pikir lagi, berhubung medannya lumayan terjal. Hehe…

Leave a Reply