Serba-Serbi Diare dan Tips Menghadapinya

Paling bete kan kalau anak atau anggota keluarga ada yang terkena diare? Rasanya pengen gitu keluarga bebas diare, bahkan impiannya Indonesia Merdeka Diare…! Dulu anak saya pernah diare gara-gara intoleransi laktosa. Di saat-saat ini kita sebagai Ibu pasti repot, apalagi bagi Ibu bekerja seperti saya. Izin/cuti kerja untuk mengurus anak, di rumah pun tidak bisa leha-leha karena harus siaga: mengganti popok, membersihkan yang terkena kotoran, memberi makanan dan minuman yang bergizi, dan tentunya pengeluaran rumah tangga membengkak karena harus membeli ekstra popok dan susu khusus anak alergi (tentu harganya lebih mahal dari susu sapi biasa). Rugi banget kan kalau anak kena diare ☹

Wah impian saya ini ternyata sejalan dengan Nutricia Sarihusada yang menggelar kampanye edukasi “Indonesia Merdeka Diare”.  “Nutricia Sarihusada melalui kampanye “Indonesia Merdeka Diare” adalah langkah nyata komitmen perusahaan terhadap  nutrisi untuk bangsa agar  anak Indonesia dapat menjadi anak generasi maju. Kami berharap melalui kampanye edukasi ini akan membuat banyak ibu yang semakin mengerti penanganan tepat diare pada anak” kata Nabhila Chairunissa, Brand Manager Digestive Care – Sari Husada.

Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (Medical Expert), Maria Melisa (Head of Brand SGM), Nabhila Chairunissa ( Brand manager digestive care - Sarihusada), Cindy Charlota (Public Figure Mom).

Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (Medical Expert), Maria Melisa (Head of Brand SGM), Nabhila Chairunissa ( Brand manager digestive care – Sarihusada), Cindy Charlota (Public Figure Mom).

Fakta Tentang Diare

  1. 1 dari 7 anak Indonesia pernah mengalami diare dengan frekuensi 2-6 kali dalam setahun. Jika diare berkelanjutan, bias berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, antara lain berat badan anak.
  2. Penyebab diare yang paling umum adalah infeksi pada usus yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Namun, penyebab terbanyak diare pada anak adalah Rotavirus, dan penelitian menemukan bahwa sebagian (30%) anak Indonesia yang mengalami diare karena Rotavirus juga mengalami intoleransi laktosa. (Unpublished data from Department of Pediatrics FK-UGM. Hasil penelitian di 6 rumah sakit di Indonesia. 2007.)
  3. Penelitian di negara lain bahkan mendapatkan angka kejadian intoleransi laktosa yang lebih tinggi, yakni sekitar 67% pada diare karena Rotavirus dan 49% pada diare non-Rotavirus. (Hu et al. Pak J Pharm Sci 2016;29:321-3)
  4. Pada saat diare terutama oleh Rotavirus, terjadi kerusakan jonjot usus, sehingga produksi beberapa enzim di jonjot usus yang berguna untuk proses pencernaan nutrisi, di antaranya enzim laktase, akan berkurang. Enzim laktase berguna untuk mencerna gula alami (laktosa) yang terdapat pada susu. Laktosa yang tidak tercerna akhirnya tidak dapat diserap sehingga menyebabkan diare semakin berat, kembung, dan tinja yang berbau asam. Kondisi ini disebut sebagai intoleransi laktosa.

Mom, Inilah yang Harus Dilakukan Ketika Anak Diare:

  1. Perhatikan anak tercukupi cairan-nya agar tidak dehidrasi dan kekurangan gizi
  2. Untuk anak yang masih mendapat ASI. Teruskan pemberiannya karena ASI adalah yang terbaik
  3. Cegah dehidrasi dengan larutan oralit
  4. Konsultasikan ke tenaga medis
  5. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan si kecil
  6. Pada beberapa keadaan, nutrisi bebas laktosa diberikan atas rekomendasi
  7. Saya juga baru dapat pengetahuan lagi dari acara ini. Menurut Dr. Ariani Dewi Widodo Sp.A(K) bahwa jika anak sedang diare, jangan kurangi porsi susu bubuknya, tapi lebih baik menambahkan porsi air agar nutrisi tetap terjaga.

Wah semoga dengan kampanye dari Nutricia Sarihusada ini angka diare di Indonesia menurun dan Indonesia Merdeka Diare…..!

Yuks Mom, lebih peka dengan kondisi si kecil demi tumbuh kembangnya yang maksimal 🙂

Terima kasih Nutricia dan Sarihusada atas edukasinya mengenai diare. Very good event for everyone, especially for the parents.

Terima kasih Nutricia dan Sarihusada atas edukasinya mengenai diare. Very good event for everyone, especially for the parents.

Leave a Reply