Menginap Kekinian di Hotel Yats Colony Yogyakarta

“Penginapan ini  selain kekinian, ramah lingkungan, artistic, instagramable, mendukung produk lokal serta menjunjung kearifan lokal meskipun bergaya modern.”

Genic banget tempatnya, nyaman, asri, asik buat family vacation ataupun liburan bareng pasangan dan teman-teman.

Genic banget tempatnya, nyaman, asri, asik buat family vacation ataupun liburan bareng pasangan dan teman-teman.

Waktu lagi buka Instagram, nemu postingan  dari seorang seleb di tempat yang Instagramable. Penasaran dong, setelah ditelusuri ternyata tempat itu bernama Yats Colony, sebuah penginapan di Yogyakarta yang lagi kekinian. Hotel ini punya 5 jenis kamar, ada Ha, Na, Ca, Ra dan Ka (Aksara Jawa Ha-Na-Ca-Ra-Ka). Kamar yang paling sering diminati adalah jenis Ha karena kamarnya bertingkat (lantai bawah layaknya ruang tamu, dan kamar atas seperti kamar tidur). Kamar jenis Ha ini hanya ada 2 di sini. Oh ia, sangat disarankan untuk memesan kamar di sini jauh-jauh hari. Seperti saya yang mepet akhirnya dapat kamar jenis Ka, kamar deluxe di pojok belakang dengan view tanam-tanaman, padahal sih ngincernya kamar Ha atau Na yang di pinggir kolam renang. Untuk pembayaran, sayangnya baru sistem transfer saja ke rekening mereka langsung. Untuk jenis kamar KA, harga yang dibayarkan Rp. 500.000,- (pemesanan menggunakan booking.com) setelah itu kita harus melakukan konfirmasi melalui WhatsApp ke pihak Yats Colony.

Tampak depan kamar jenis KA

Tampak depan kamar jenis KA

Dalam kamar jenis 'KA'. Look, My boy is enjoy the room!

Dalam kamar jenis ‘KA’. Look, My boy is enjoy the room!

Meskipun dapat kamar jenis KA, apa yang didapatkan sudah worth it. Luas kamarnya cukup (22 square meter) dan fasilitas sudah oke seperti  toiletries yang lengkap (dengan penamaaan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa), sandal yang nyaman, shower, flat TV dengan channel nasional & internasional, Telepon, AC yang dingin, pengering rambut, toilet dengan air hangat yang berfungsi dengan baik,  bantal selimut yang hypoallergenic, handuk & seprai yang bersih, dan kamar yang bersih. Pokoknya penginapan yang baru diluncurkan ini kekinian banget lah!

Toiletries dengan bahasa Jawa. Misalnya "Rikma" yang artinya "sisir".

Toiletries dengan bahasa Jawa. Misalnya “Rikma” yang artinya “sisir”.

 

Kamar mandi dan toilet di kamar KA. Lumayan lega...

Kamar mandi dan toilet di kamar KA. Lumayan lega…

Setiap ruangan memiliki desain yang custom dan ramah lingkungan karena terbuat dari bahan daur ulang dan pelapis mewah yang terpilih. Seprai tempat tidur tie-dye yang handmade dan lokal punya oleh Purana Indonesia, bantal mewah nan empuk dilapisi oleh Semak Studios, dan karya seni asli seniman Indonesia, yang semuanya ekslusif dibuat untuk Yats Colony. Penginapannya tidak luas namun indah, lobi dan restoran menyatu di bagian depan, sedangkan kamar-kamar ada di bangunan samping. Di lantai bawah terdapat front desk dan butik, sedangkan restoran di lantai 2. Ketika kita datang, receptionist membantu check-in dengan cepat dan kita akan diantar oleh security hingga pintu kamar.

Main becak mini yang disediakan di depan lobi.

Main becak mini yang disediakan di depan lobi.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini selain tidur dan nonton TV, tentunya bisa poto-poto, renang, santai sambil baca buku/majalah, bahkan kerja. Ngetik, cari inspirasi sambil oret-oret di meja kerja yang ada di kamar sudah cukup nyaman (tapi kalau bagi saya sih lebih enak tiduran dibanding kerja :p ).

Salah satu spot foto yang 'laku'. Tapi memang indah sih yaaa.. Dan asik banget kalau leyeh-leyeh sambil baca buku di sini...

Salah satu spot foto yang ‘laku’. Tapi memang indah sih yaaa.. Dan asik banget kalau leyeh-leyeh sambil baca buku di sini…

Untuk menu sarapan, Alhamdulillah bisa dimakan sama bumil yang picky eater seperti saya, menu sarapan bervariasi, furniturenya keren dan artistik,  anak saya pun lahap makan di sini, bahkan berkali-kali nambah makan nasi kuning dan lauk-pauknya 😀 . Sayangnya restoran untuk breakfast buka mulai pukul 07.00, jadi kalau dapat morning flight ga bisa sarapan di sini deh… Atau kalau bangun-bangun kelaparan harus nunggu sampai jam 07.00 untuk compliment breakfast-nya.

Suatu sudut di restoran bagian luar.

Suatu sudut di restoran bagian luar.

 

Bagian luar restoran

Bagian luar restoran

 

Anak ini makan banyak banget dan nambah terus :)

Anak ini makan banyak banget dan nambah terus :)

 

Family-breakfast at Yats Colony

Family-breakfast at Yats Colony

Apa kata mwulan?

Overall, kami sekeluarga merekomendasikan penginapan ini ketika berlibur di Yogyakarta. Lokasinya juga strategis dengan obyek-obyek wisata di Yogya. Oh ia, kalau sudah berada di Jalan Patangpuluhan, lihat ke kiri dan hati-hati terlewat, apalagi kalau malam hari.

Pokoknya jadi pengen kembali menginap di sini dan mau mencoba kamar yang jenis Ha atau Na yang menghadap ke kolam, rasanya nyaman dan damai buat leyeh-leyeh seharian di Yogya.

Yats Colony

Jl. Patangpuluhan No. 23

Wirobrajan, Yogyakarta.

WA: +62817150811

www.yats.co

Terima kasih atas pelayanan excellent-nya, dear Yats Colony :)

Terima kasih atas pelayanan excellent-nya, dear Yats Colony :)

2 comments

Leave a Reply