Cafe-Hoping di Jakarta

Bagi bumil kaya gw yang sudah memasuki trimester ke-3, liburan ga bisa jauh-jauh lagi, paling kalau mau refreshing, perginya ke taman atau malah café hoping, menjelajahi café-café unik di Jakarta yang kalau dihitung sebenarnya banyak banget, mungkin daftar Yellow Pages aja bisa kalah.. Hehe…. Kriteria café yang unik bagi gw adalah: tempatnya fotogenic alias instagramable, makanan dan minumannya bervariasi dan enak, harganya affordable, memiliki keunggulan/ciri khas tersendiri, dan lokasinya mudah dijangkau.

Ada beberapa café yang menjadi favorit gw yang biasa gw datengin bareng suami atau teman-teman.

Di Jakarta Selatan, gw sama suami favorit banget makan siang di Mbah Jingkrak Setiabudi. Pertama kali tahu Mbah Jingkrak sejak 7 tahun lalu dari radio hits di Jakarta yang lagi ngomongin café bernuansa Jawa ini. Penasaran karena pilihan lauk dan sambalnya yang pedas, gw dan pacar (yang sekarang jadi suami) menyempatkan makan siang di sana. Kita terkesan banget waktu pertama kali kesana karena nuansanya gak ngebosenin meskipun banyak pernak-pernik khas Jawa dan aksesoris jadul, tapi menurut gw di situlah daya tariknya.  

Selain itu di Jaksel ada Cutie Cats Café di Jl Kemang 1 No. 12 F. Jadi di sini kita akan makan dan minum bareng kucing-kucing lucu nan menggemaskan. Kita harus mengocek dompet sekitar Rp. 50.000,- per jam di hari biasa dan Rp. 75.000/jam di weekend.

Bayangin gemesnya nongkrong bareng kucing-kucing ini.. Unyuuu… (@cutiecatscafe)

Di daerah Depok Jawa Barat ada café unik bertema rumah sakit, namanya Hospitalis Resto & Bar. Sesuai dengan tema dan namanya, nama makanan, minuman,  perangkat makan dan minum hingga furniture-nya bertemakan rumah sakit. Bahkan pelayannya menggunakan kostum dokter/perawat, unik deh! Jangan lupa foto-foto dan upload di media sosial kamu karena minuman kamu akan disajikan seperti infusan.

Di Jakarta Utara ada Bong Kopitown dimana kita bakal ngerasain makan serasa di penjara karena nuansanya dibuat seperti di penjara. Misalnya beberapa bagian meja dikelilingi tembok terali berwarna hitam. Jangan lupa untuk pesan nasi penjara yang disajikan menggunakan wadah aluminium seperti di penjara.

Selain Bong Kopitown, di Kelapa Gading juga ada Samudra Laut 73 yang memberikan pengalaman makan serasa berada di kapal selam. Di beberapa bagian dinding, terdapat jendela-jendela berbentuk bundar yang mirip seperti jendela pada kapal selam. Untuk menambah kesan seperti di bawah laut, setiap meja diisi dengan pasir dan berbagai jenis batuan laut.

Mereka mengusung tema “Happiest Prisoner on Earth” ( @bongkopitown )

Di Jakut juga ada Hello Kitty Café yang tentu saja mengangkat tema Hello Kitty sebagai dekorasi dan  makanan serta minumannya. Salah satu menu yang unik ada burger mini yang dihiasi gambar wajah Hello Kitty.

Di Jakarta Barat ada Café Strawberry yang cocok dikunjungi bareng-bareng karena ada berbagai permainan board game seperti monopoli dan games lain yang bisa digunakan bersama.

Café unik yang biasanya ada di mall dan unik yaitu Nanny’s Pavillon, aku paling suka Nannys Pavillon di Puri Mall yang mengangkat tema Post Office (masing-masing Nanny’s Pavillon memiliki teman yang berbeda-beda, misalnya Le Cirque di Mal Kelapa Gading, Study Room di Living World Alam Sutera dll). Makanan dan minumannya juga enak dan bervariasi. Recommended deh .

Nanny’s Pavillon dengan tema post-office (@nannyspavillon)

Mau tahu lebih lengkap informasi seputar café-café kece di Jakarta sebagai referensi liburan weekend nanti? Cus ke Cafe unik di Jakarta baca di Blog Traveloka . Di sana juga ada referensi-referensi tempat kece lainnya, mulai dari cafe, taman, sampai tempat-tempat yang lagi ngehits. 

Bagi pembaca yang berasal dari non-Jabodetabek dan ngiler pengen makan minum nongkrong di café-café tersebut, cus langsung pesan paket tiket pesawat+hotel di Traveloka (jangan terpisah ya) karena harganya lebih hemat lho dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun!

Promo bundling kaya gini memang menguntungkan banget bagi kita karena sisa uangnya bisa dialokasikan untuk yang lain atau bisa di-pos-kan ke biaya tak terduga, apalagi kalau lagi bepergian biasanya mata suka lapar mau beli ini itu, atau perut lapar karena pengen nyobain makanan dan minuman di tempat itu. Keuntungan lain jika pesannya sekaligus di satu tempat, kita ga usah diribetin sama urusan administrasinya. Tiket plus+hotel? Langsung Traveloka saja deh..

Leave a Reply