Ternyata Bukan Fisik Saja yang Harus Sehat, Tapi….

Pentingnya Kesehatan Mental

Tahukah Anda bahwa ternyata kesehatan mental, pikiran dan perilaku itu penting untuk kehidupan kita dan ternyata selama ini ada ilmu psikologi yang memelajarinya. Disiplin ilmu ini meneliti alur pemikirian manusia dan alas an di balik perilaku dan Tindakan tersebut. Biasanya ilmu ini dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi yang tepat dalam serangkaian aktivitas kompleks pada diri manusia.

Kenapa saya bilang kesehatan mental ini penting dan sebaiknya diperhatikan juga seperti kita memerhatikan kesehatan yang bisa dibilihat (fisik), karena kestabilan mental dan fisik saling memengaruhi, lho! Kalau saya sering mendengar dari orang-orang terdekat dan dari dokter juga, bahwa pikiran bisa mengubah kesehatan orang dan asal penyakit itu bisa tumbuh dari pikiran. Saya pun jadi berpikir “iya juga ya” karena saya punya sakit maag dan jika saya stress, maka asam lambung saya akan naik, padahal saya makan sudah tepat waktu dan tidak makan makanan pemicu. Betapa kekuatan pikiran bisa membangkitkan asam lambung ya huhu.. Untuk itu kita perlu melakukan manajemen stres pada diri kita sehingga pikiran kita harus kembali positif dan bisa membuat keputusan yang sehat dan tidak berdampak kepada fisik kita.

Kalau berbicara tentang stres, kayaknya semua juga pernah mengalaminya ya, mau kaya-miskin, tua-muda, perempuan-laki-laki dll, semua itu tergantung bagaimana kita menyikapinya sih ya.

Saya juga pernah kena penyakit fisik gara-gara kesehatan mental ini, tepatnya ketika hamil anak pertama. Waktu itu saya tidak bisa mengendalikan stres dan hormon kehamilan saya (kuliah, pekerjaan, hamil pertama, takut melahirkan dll) sampai akhirnya tekanan darah saya tinggi dan saya kena eklampsia sampai rasanya kematian lebih dekat daripada kehidupan. Untungnya saya dan anak saya cepat ditangani dan kami selamat. Ah, andai waktu itu saya dapat mengendalikan pikiran saya, mungkin ini tak akan terjadi. Tapi sebagai manusia yang sehat akal dan fisiknya, harus tetap move on dan malah sekarang sering mengampanyekan pentingnya kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil.

Menghadapi Stres Sehingga Kesehatan Mental Terjaga

Ada tips menarik nih untuk psikologi kesehatan, yang aku lihat di webnya halodoc yang bisa kamu lakukan :

  1. Tidur tujuh sampai delapan jam setiap hari
  2. Sarapan setiap hari
  3. Kurangi kebiasaan ngemil di malam hari
  4. Tidak merokok
  5. Tidak mengonsumsi alkohol

Sebenarnya itu ilmu dasar untuk kesehatan fisik maupun mental ya, tapi kadang kita susah mengikutinya. Memang, semua itu diperlukan kesadaran pribadi. Kita harus ingat, kalau kita sakit, yang repot itu kita dan orang-orang terdekat kita. Oh ia, kalau misalnya kita mager kemana-mana tapi mau konsultasi sama dokter dan ps

Tentang halodoc

Halodoc adalah aplikasi yang memberi kemudahan dalam menerima akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Aplikasi halodoc berisi fitur-fitur yang bisa membantu penggunanya mendapat layanan medis seperti ‘Bicara dengan Dokter’ untuk konsultasi kesehatan dengan dokter umum dan dokter spesialis berpengalaman yang terdaftar di IDI, ‘Beli Obat’ dengan layanan 24 jam dan pengiriman cepat kurang dari 1 jam, ‘Pemeriksaan Laboratorium’ tanpa antri dan hasil lab bisa langsung diterima serta didiskusikan dengan dokter halodoc, serta “Perlindungan Kesehatan” yang sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi seperti AXA Mandiri, Cigna, Allianz, FWD, Medicilin, Bumiputra, Intiland, Ultrasakti dan masih banyak lagi.

Saya sendiri sangat terbantu dengan adanya aplikasi kesehatan seperti halodoc, apalagi di masa pandemi seperti ini dimana kita membatasi interaksi dengan orang di luar rumah, apalagi kalau harus ke rumah sakit atau mendatangi tenaga kesehatan. Pernah waktu saya asik liburan di luar kota, gusi saya sakit dan saya langsung chat ke dokter gigi yang tersedia di aplikasi halodoc. Responnya cepat sekali, penjelasannya mudah dimengerti dan obat langsung diresepkan dan dikirim oleh pengemudi Gojek. Alhamdulillah liburan saya pun terselamatkan.

Pengalaman terselamatkan oleh halodoc saat sakit gusi di waktu liburan

4 comments

  1. Kopiah Putih says:

    Benar, mbak. Hampir semua orang pernah mengalami stres. Tapi masing-masing juga pasti punya cara untuk mengatasinya. Tipsnya juga tepat ini, mbak. Yakin, deh jika diterapkan stres akan hilang.

  2. Liana says:

    ternyata mengurangi kebiasaan ngemil di malam hari itu jadi hal paling susah buat aku 🙁
    apa lagi kalau malam waktunya drakoran setelah kerja seharian hihi

    terima kasih buat infonya mba wulan, semoga bisa segera ku realisasikan buat ngurangin ngemil di malam hari 🙂

Leave a Reply