Serba-Serbi Menyusui: Pengalaman dan Persiapan Menyusui di Tengah Pandemi

Setelah aku menceritakan kehamilan pertama dan kedua, saatnya kali ini aku menceritakan pengalamanku dalam menyusui. Bagiku, menyusui dan memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada anak sendiri adalah wajib karena memiliki banyak manfaatnya. ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa adalah anugerah dari Tuhan bagi generasi kita selanjutnya.

Menyusui Anak Pertama

Yes, aku akui menyusui anak pertama itu tergolong struggle karena belum memiliki pengalaman dan kita lebih tau teori dibandingkan praktiknya. Apalagi jika kehamilan dan saat kelahiran sempat memiliki masalah, seperti yang aku alami saat melahirkan anak pertama di usia kehamilan 8 bulan, dimana saat itu tergolong prematur. Dikarenakan aku mengalami eklampsia (kejang pada kehamilan karena tekanan darah tinggi yang tiba-tiba saat hamil), aku harus melahirkan bayiku secepatnya dengan cara persalinan sesar.

Hari itu kondisiku tergolong berat sehingga saat melahirkan, aku dalam kondisi tidak sadar sehingga tidak bisa melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) sesaat setelah melahirkan. Oh ia, bagi ibu hamil, jangan lupa ya untuk mengingatkan bidan/dokter kandungan yang akan menangani kita bahwa nanti harus IMD sesaat setelah melahirkan karena IMD dapat mendukung dan melancarkan proses menyusui ASI ekslusif ke depannya. Manfaat ini ada hubungannya dengan interaksi langsung (skin to skin contact) antara ibu dan bayi sehingga bisa merangsang juga hormon yang memproduksi ASI untuk segera keluar.

Apa yang aku lakukan? Meminta bidan yang merawatku untuk memberikan edukasi septar menyusui, mulai dari membersihkan dan memijat payudara agar merangsang produksi ASI. Selain itu aku juga mengonsumsi vitamin yang membantu memperlancar produksi ASI. Alhamdulillah akhirnya aku berhasil memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan lamanya.

Menyusui Anak Kedua

Aku merasakan lebih mudah menyusui anak kedua karena kita sudah memiliki pengalaman, namun bukan berarti tanpa halangan. Di awal-awal hari melahirkan, bayi aku sempat kuning sehingga harus disinar di ruang perina, which is dia tidak bisa rooming in bersamaku. Saat itu dukungan suami dan orang-orang sekitar sungguh terasa di momen-momen seperti ini. Suami  pontang-panting browsing sana-sini agar bisa membeli pompa ASI saat itu juga karena pompa ASI yang dulu aku pakai sudah diberikan kepada orang lain. Selama pompa ASI belum didapatkan, Ibu aku bolak-balik mengantarkan aku dari kamar inapku ke ruang perina agar aku bisa menyusui bayiku secara langsung. Bahkan ia rela tidur menemaniku di sofa depan ruang perina tengah malam hari karena ia khawatir jika aku terus bolak balik.

Persiapan Melahirkan dan Menyusui Anak Ketiga di Tengah Pandemi

Tak terasa, kali ini aku akan menghadapi proses melahirkan dan menyusui kembali dengan tantangan yang berbeda, yaitu PANDEMI COVID-19. Tidak pernah terbayangkan bagiku akan hamil, melahirkan dan menyusui di tengah pandemi. Untuk itu aku dan suami harus menyiapkan bekal yang matang agar semua prosesnya lancar. Sebagai persiapan menyusui nanti, aku mulai mengonsumsi suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeeding Gold yang memiliki 17 nutrisi esensial untuk membantu memenuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti asam folat yang tinggi agar ibu terhindar dari resiko anemia, kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah osteoporosis pada ibu, zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan membantu ibu menjaga energi agar tidak mudah sakit, omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak dan mata buah hati sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi, dan terakhir ada vitamin & mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui,

Betapa dimudahkan ya ibu hamil dan ibu menyusui di era modern ini.

Untuk mewujudkan ASI bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa, aku mulai mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold saat hamil.

Tips Menyusui dari mwulan

Untuk mewujudkan ASI Bernutrisi, ASI Berkualitas dan Lancar Menyusui, berikut tips yang bisa aku rangkum berdasarkan pengalaman pribadi:

  1. Banyak membaca mengenai menyusui dan pemberian ASI
  2. Melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) jika kondisi ibu dan bayi memungkinkan
  3. Usahakan agar ibu dan bayi rooming-in (sekamar) seusai proses persalinan
  4. Jangan tergesa-gesa memberikan susu formula
  5. Perhatikan asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi karena setiap tetes ASI itu penting bagi bayi dan tentunya merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk buah hati. Jangan sekedar memberikan ASI, tapi kita ASI kita juga harus berkualitas agar tumbuh kembang anak optimal
  6. Mengonsumsi vitamin
  7. Melakukan stress-management
  8. Menyiapkan keperluan menyusui seperti apron, bantal menyusui, dan pompa ASI
  9. Jangan sungkan untuk bertanya kepada bidan/perawat bagaimana membersihkan, memijat dan merangsang produksi ASI.

Produk Penunjang Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Di masa pandemi seperti ini kesehatan ibu dan janin harus semakin diperhatikan, salah satu ikhtiar aku adalah makan makanan bernutrisi dan minum suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dari Kalbe Blackmores Nutrition. Aku juga mendukung kampanye mereka dalam rangka World Breastfeeding Week 2020 yang jatuh pada bulan Agustus berupa serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di media sosial @blackmoresid seputar menyusui. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness ibu agar dapat selalu memberikan ASI bernutrisi buah hati. Jadi memang bukan sekedar memberikan ASI, tapi ASI juga harus berkualitas dan bernutrisi.

Selain itu, Kalbe Blackmores Nutrition bekerja sama dengan Yayasan Bumi Sehat sejak tahun 2017 yang secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Dengan aku mengonsumsi Blackmores, rasanya aku juga berpartisipasi di kegiatan-kegiatan tersebut demi generasi yang sehat, cerdas dan berkualitas.

Untuk itu aku merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sebagai persiapan masa menyusui agar ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang beruliskan Official Store. Info lebih lanjut juga bisa dicek di Instagram @blackmoresid .

Sehat-sehat yaa untuk seluruh Bumil dan Busui di luar sana. Bersama kita bisa menghadapi seluruh tantangan dan menyiapkan anak-anak yang tumbuh kembangnya optimal.

Persiapan Menyusui (Foto USG agar lebih semangat, suplemen Blackmores dan apron cantik)

Leave a Reply