Pengalaman Terbang dengan Batik Air

July 23, 2013 Review  16 comments

Batik Air? Apa itu? Awalnya saya kira Batik Air adalah maskapai baru dengan operator baru pula. Nyatanya Batik Air merupakan anak dari Lion Group juga yang merupakan maskapai dengan full service, dan yang membedakan Lion dengan Batik adalah dari segi fasilitas dan target audiencenya karena Batik Air membidik kalangan SES A,A+ sehingga semua pelayanan dan fasilitas Batik Air menyesuaikan kebutuhan kalangan tersebut.

Yuk kita mulai cek satu-persatu.

1.      Nama

Dari segi nama, saya suka sekali “Batik Air” karena ini menunjukkan Indonesia banget dan terkesan elegan.

2.      Badan Pesawat

Badan pesawat sama seperti yang lainnya, mempunyai dasar warna putih namun di bagian belakang pesawat digambar batik yang menurut saya motifnya kurang ‘ngena’ sebagai airline yang menargetkan kalangan menengah ke atas. Mungkin kalau motif batiknya dibikin wah lagi, pasti akan lebih keren.

Saya dan pacar siap terbang dengan BATIK AIR. yeayy.. :D

Semua orang ingin mendokumentasikan Batik Air

3.      Corporate Identity

Nah ini nih yang paling saya favorit-in! Logo Batik Air dengan canting yang menempel di huruf B. Elegan dan Indonesia banget! Perpaduan warnanya juga ciamik!

4.      Website & Social Media

Website Batik Air juga user-friendly dan informasi yang tertera di sana sudah cukup jelas dan dapat menjawab pertanyaan konsumen, namun kekurangannya di social media karena terlihat seperti setengah-setengah mengurusnya. Jika ada feedback, pertanyaan, masukan, apresiasi dll terkesan cuek. Sayang banget padahal bagi maskapai baru yang seharusnya saat-saat itu mempergunakan social media sebagai sarana promosi.

5.      Pramugari

Sepertinya pramugari yang dipilih adalah pramugari seniornya Lion, dilihat dari bentuk tubuh yang kurus-kurus, sanggulnya, dan cara make-upnya. Oia, sepertinya pramugari Batik Air punya standar khusus untuk make-up deh, misalnya untuk warna lipstik yang pink. Terlepas dari itu, pramugarinya juga ramah dan mau diajak foto bareng. Hehee…

Tidak seperti pramugari lainnya, pramugari Batik Air menggunakan kebaya putih dan rok panjangnya.

Foto bersama pramugari Batik Air

6.      Fasilitas

Seperti yang diberitakan oleh wartawan, Batik Air memiliki kursi penumpang depa dengan belakang 35 inci atau 87,5 cm. Berbeda sekali jika kita terbang dengan Lion Air yang mengharuskan kita duduk tegap layaknya tentara.

Tuh liat. Lega kaaan....!

Selain itu di dalam Batik Air disediakan layar sentuh ukuran 5 inci yang siap menghibur para penumpang. LCD tersebut memiliki banyak fungsi seperti untuk menonton serial dan film, bermain games, mendengarkan musik, hingga mengetahui informasi pesawat sedang dimana dan sudah sejauh mana.

Saya dan @zainullfikri asyik mencoba entertainment yang ada di LCD

Narsis di pesawat ^_^

Pada kantong di setiap punggung kursi tersedia bacaan seperti majalah BATIK, petunjuk keselamatan, hingga kantong kertas multifungsi.

Saat saya merasakan terbang bersama Batik Air, fasilitas wifi-nya belum beroperasi karena menurut Direktur Umum Lion Air Edward Sirait, fasilitas tersebut masih didiskusikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Di tengah perjalanan, pramugari-pramugari yang cantik nan ramah menghampiri kami semua untuk memberikan snack yang berisi roti dan air mineral. Hm,, nyamnyam… Ga usah merasa kelaparan deh. Penerbangan dari Yogyakarta ke Jakarta pun tidak terasa karena perut kenyang, telinga dan mata dihibur oleh entertainment yang ada di LCD.

Asyik, bisa sambil ngemil di pesawat

Batik Air akan menjadi pilihan transportasi udara bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat. Saat ini rutenya masih terbatas, mudah-mudahan ke depannya semakin banyak rutenya dan wifinya sudah beroperasi :D

Saya punya giveaway lho, bagi siapa saja yang komen di artikel ini, akan saya undi dan pemenangnya akan mendapatkan Voucher McDonald 50 ribu untuk 2 orang+merchandise seru.

Isi komennya adalah mengenai maskapai Batik Air itu sendiri atau harapan akan maskapai di Indonesia.

 

 

 

 

16 comments to Pengalaman Terbang dengan Batik Air

  • ainun says:

    Mencoba armada udara yg baru di Indonesia spt Batik Air spt pengalaman mb wulan tentunya sangat membanggakan. Dari segi nama saja sdh mencerminkan “indonesia banget”. Fasilitas yg diberikan jg nggak ketinggalan dgn pesawat lain,malahan lbh “canggih” dgn adanya layar lcd spt Maskapai Garuda. Ya mudah2an sih, dgn adanya maskapai baru ini, pelayanan thd konsumennya jg lbh baik. Tanggap thd masukan, komplain maupun keluhan2 penumpangnya. Nggak mau dong,SDM indonesia dicap diluar negeri nggak becus ( ini ada kisah nyatanya,adlh penumpang dari budget airlines ) yg sangat dirugikan oleh maskapai tsb.

    • mwulan says:

      Setuju…! Komentar kamu kritis banget! Btw selamat ya kamu bisa mendapatkan voucher Mcd+ merchandise seru. Tolong dikirimkan nama/alamat/no hp ya ke contact@mwulan.com dan mention ke @mwulan_ ya kalau emailnya sudah dikirim :)

      Thanks & Regards,
      Wulan

  • uni dzalika says:

    Terima Kasih info artikelnya. saya baru tahu Batik Air setelah membaca ini. Semoga suatu hari nanti saya bisa mencicipi sendiri kenyamanan yang di suguhi oleh Batik Air. Semoga kedepannya maskapai penerbangan ini bisa membawa nama Indonesia ke tempat yang lebih tinggi dan tetap mengedepankan kualitas. Oh ya, menurut saya, point plus nya Batik Air adalah seragam para pramugari yang sangat menunjukkan khas Indonesia. Semangat terus untuk mbak dan semoga Batik Air semakin mendunia. amiin.

    • mwulan says:

      Amiiinn.. Makasih doa dan dukungannya ya :D .
      Sukses juga untuk kamu

  • Dina Kamila says:

    Wah baru tahu ada pesawat Batik Air, hehe kudet ya. Tapi setelah saya baca sepertinya sangat menarik. Indonesia banget, fasilitas juga oke. Produk dalam negeri harus dipertahankan dan ditingkatkan, supaya kita bisa semakin maju. Harapannya harga juga terjangkau, hehe. Semoga selanjutnya rutenya semakin lengkap.

    • mwulan says:

      Yes, Din! Aku juga pengen rutenya semakin banyak biar kita juga punya pilihan :)

  • Amelia says:

    seperti komen2 diatas, saya juga baru kenal Batik Air :D Thanks untuk mbak Wulan atas posting blognya… hmm saya setuju sama pendapat mbak tentang promosinya, Batik Air ini kan maskapai baru, anaknya Lion pula seharusnya gencar promosi di media elektronik seperti TV (Iklan), media cetak, dan sosial medianya. Sayang lho ini maskapai unik, keren, dan indonesia banget gak dikenal sama masyarakat luas. Saya salut bin ngiler baca tentang fasilitasnya, komplit bro! benar-benar memanjakan penumpang :D jadi menurut saya wajar ajasih kalau harganya yah.. mahal (abis liat websitenya)
    Batik Air ini membawa suasana baru & fresh kalau bicara tentang maskapai penerbangan Indonesia, kesannya santai dan ‘dekat’ dengan penumpang domestiknya dikarenakan pelayanannya ala indonesia asli pun pramugarinya yang memakai kebaya itu. Im proud! Semoga kedepannya Batik Air dapat memperluas rutenya sampai ke mancanegara dengan membawa nama harum Indonesia. Harum ini maksudnya pelayanannya jempol, fasilitasnya oke, dan sebisa mungkin meminimalisir adanya hal2 yg tidak diinginkan. Dan tentunya terpercaya :)

    • mwulan says:

      Dear Amelia,

      Terima kasih atas tanggapannya yaa.. Appreciate banget sama komen kamu :)
      Btw selamat ya kamu bisa mendapatkan voucher Mcd+ merchandise seru. Tolong dikirimkan nama/alamat/no hp ya ke contact@mwulan.com dan mention ke @mwulan_ ya kalau emailnya sudah dikirim :)

      Thanks,
      Wulan

  • ailina says:

    Waaah…baru tau malahan ada Batik Air. Dan fasilitasnya seperti Garuda Indonesia yah ada LCD layar sentuhnya dan ada in flight melas-nya, hehehe.. Dan ternyata memang baru beroperasi tgl 8 Mei 2013 ya.. Sayangnya masih melayani rute-rute tertentu saja ya :’(
    Semoga rute-nya segera ditambah dan semoga bukan untuk kalangan menengah – atas saja, untuk semua kalangan, hehe.. ^_^

    • mwulan says:

      Hi Ailina, makasih komennya..
      Ia nih ,malah kayaknya lebih asyik pake Batik Air. hehehe

  • Zulfa says:

    Aku tinggal di samping bandara Husein Sastranegara, tapi belum pernah liat pesawat yang tulisannya Batik Air.
    Setuju sama mba soal namanya yang Indonesia banget. Apalagi liat dari pengalaman mba yang kayanya seneng banget naik pesawat ini apalagi ditemenin pacar hehehehe.

    Aku berharap sih, semoga maskapai2 di Indonesia ga kalah bersaing sama maskapai2 luar negeri. Dan semoga kecelakaan di pesawat ga akan pernah terulang lagi

    • mwulan says:

      Halo Zulfa..! iya di Bandara Husein Sastranegara memang belum ada pesawat Batik Air karena belum melayani rute dari atau ke Bandung :)
      Terima kasih atas komentarnya ya

  • Nice info kaka ;)
    beberapa waktu lalu sempat dengar dan lihat tentang Batik Air, dan ternyata disini dijambarkan lebih panjang lebar malah disodorkan dengan gambar2 yang bikin pembacanya mupeng naik batik air juga.

    Batik Air sebgai simbol maskapai khas Indonesia (yg tercantum mulai dari nama, logo, pramugari) memberikan pelayanan full services + harga lebih murah, semoga mampu terus mngedepankan kualitas dan keunggulan hingga mampu berkompitisi dengan pesawat lainnya di kancah internasional.

    • mwulan says:

      Halo Izzatul Millah, terima kasih atas komentarnya. Setuju dengan kamu, semoga maskapai lokal kita mampu berkompetisi dengan maskapai asing lainnya di kancah internasional :)

  • Panji Winata says:

    Hallo mwulan, salam kenal :D
    mengenai batik air, saya juga pernah me-reviewnya di blog saya di http://panswin.wordpress.com/2013/06/03/new-full-service-commercial-flight-in-indonesia-batik-air/

    Overall saya senang dengan kehadiran batik air ini. Dan cukup puas dengan pelayanan yang diberikan. :D

    • mwulan says:

      Mas Panji, terima kasih atas komennya..
      Sepertinya kita sama-sama happy customer of Batik Air. Mudah-mudahan aja kru Batik Air ada yang lihat artikel kita dan kita dikasi voucher gratis. Hehe :p

Leave a reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>