Lowongan jadi Public Relations

Calling for Communications People.. Ada Lowongan terbaru nih di kantor tempat saya bekerja, yaitu di perusahaan taksi terkemuka di Indonesia dengan logo si biru. Pasti udah pada tau dong ya..

Jadi, kami sedang mencari “Public Relations Officer” untuk divisi Business Development.

“Main-jobnya adalah: Menjadi jurnalis” karena kami mempunyai media internal dan eksternal, yaitu Mutiara Biru. Udah pada tahu dong sama majalah yang ada di setiap taksi Blue Bird, Silver Bird, dan mobil rental Golden Bird ini ?

Jika kalian mempunyai passion di sini dan berminat melamar, silahkan dilihat persyaratannya yaa :

  1. S1 dari jurusan komunikasi
  2. Lebih disukai yang sudah berpengalaman (jika kalian fresh graduate namun mempunyai pengalaman menulis dan fotografi, silahkan lho J )
  3. Pria/Wanita
  4. Ahli di jurnalistik
  5. Ahli di fotografi
  6. Lebih disukai yang mempunyai kemampuan bahasa asing

Silahkan kirimkan CV teman-teman beserta portofolio yaa..(Tulisan+foto) ke wulan.muhariani@bluebirdgroup.com

Dan jika karya teman-teman pernah dimuat di media, boleh lho di-share kami sebagai bahan pertimbangan.

See you in the Blue 🙂

Best of the best marketing Public Relations versi Majalah MIX

Kamis, 27 September 2012 – Alhamdulillah Blue Bird Group, perusahaan di mana aku bekerja sekarang mendapatkan penghargaan dari Majalah MIX untuk  kategori Marketing Public Relations sebagai Best of the Best Marketing Publilc Relations. Case study yang diambil adalah peluncuran aplikasi Taxi Mobile Reservation dan saat penilaian, aku yang membuat slide presentasinya lho.. 😀

Proposal pengajuan penghargaan aku submit pada bulan April, dan aku sempat menyangka bahwa pengajuan dari perusahaanku tidak masuk ke dalam ajang ini. Tanpa diduga, perusahaanku malah jadi Best of the best, bahkan mengalahkan perusahaan multinasional lainnya lho!

Penilaian ini berdasarkan Ad value, PR value, exposure yang didapat, word of mouth, dan media publikasi lainnya. Kelebihan lainnya melalui case study Taxi Mobile Reservation ini, selain menggunakan kekuatan media, kami menggunakan digital & social media sebagai promosi dan marketingnya.

Acara penyerahan penghargaan diadakan di fCone, FX, 27 September 2012. Turut hadir di acara ini:  Tony Andrianto (Senior Manager Corporate Image), Teguh Wijayanto (Head of Public Relations), Nova Hapsari (PJ CSR), Aman Pribadi (Kabag Operasi Golden Bird), tim dari Marketing Golden Bird, dan tim dari Training Center. Sebelum acara pemberian penghargaan dimulai, kami diberikan seminar mengenai CSR 3.0 dan sebagai Case Studynya adalah ‘Srikandi Award’ milik Sari Husada dan kampanye vaksin&imunisasi yang dilakukan oleh Kimia Farma.

 

Foto bersama dulu dengan tim Budge . (Ki-ka) . M.Rizki Syahmanda (Media Relations), Ati Muchtar (Managing Director), M. Syarifullah (Senior Consultant),Tony Andrianto (Senior Manager Corporate Image), Teguh Wijayanto (Head of Public Relations), Myrna Soeryo (Business Director), Wulan Muhariani (Marketing Communications)

Kalau yang ini aku dan tim dari BD (Business Development)

Bersama tim datri training center

 

Bagi-Bagi Cenderamata di Hari Pelanggan

Jakarta, 4 September 2012 – Tugas Marcommku kali ini adalah membagi-bagikan cenderamata kepada pelanggan Blue Bird yang sedang mengantri di pangkalan taksi Blue Bird. Pembagian cenderamata ini diadakan dalam rangka hari pelanggan nasioal yang jatuh setiap tanggal 4 September. Aku dan senior managerku ‘bagi badan’, beliau bertugas di Senayan City, sedangkan aku bertugas di Mall Taman Anggrek. Aku berangkat dengan photographer, tim konsultan (Mas Harris dan Alza), dan Pak Bernard (divisi pangkalan).

Kami mulai  membagikan cenderamata saat jam makan siang dan rata-rata pelanggan yang sedang mengantri di pangkalan adalah mahasiswa, karyawan-karyawati, dan keluarga yang sedang makan siang di sana. Banyak pelanggan yang tidak mengira akan diberikan cenderamata saat mereka mengantri taksi Blue Bird. Mereka antusias sekali dan mengaku menyukai cenderamata yang diberikan oleh kami, yaitu mug batik Blue Bird dan tumblr Blue Bird.

Semoga untuk tahun berikutnya kami dapat membagikan cenderamata di banyak pangkalan taksi Blue Bird dan Silver Bird yang ada di Jakarta.

Memberikan mug untuk balita

Ada mahasiswa juga yang mendapatkan tumblr dari kami

Ada orang asing yang menerima juga :)

Karyawati yang abis lunch nih..

This is me :)

Kunjungan ke Taman Bermain

Senin, 17 Agustus 2012 – Pekerjaan Marcommku kali ini adalah kunjungan ke sekolah, tepatnya ke taman bermain Rising Stars yang terletak di Pancoran, Jakarta Selatan. Tugasku kali ini unik karena aku harus melakukan ‘promosi’ Blue Bird ke anak-anak Balita. Sebenarnya kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan warna biru kepada anak-anak, namun aku lebarkan agar kegiatan ini lebih berfungsi banyak, jadi selain belajar tentang warna, anak-anak tersebut dapat belajar mengenai transportasi umum, khususnya taksi dan profesi pengemudi.

Sebelumnya, aku harus berkoordinasi dengan pihak bengkel Pool Buncit untuk menyiapkan 1 mobil Blue Bird dan 1 Pusaka, kemudian aku juga berkoordinasi dengan operasi Buncit (Which is Spvnya pacarku . hehe :p) agar mereka dapat menyiapkan pengemudinya.

Setelah semua siap, berangkatlah kami menuju taman bermain yang terletak di Pancoran ini. Kami sangat kaget karena disambut dengan teriakan, tangisan, dan anak-anak balita yang berlari hilir-mudik. Akhirnya setelah guru-gurunya mendiamkan mereka, berkumpulah mereka untuk mendengarkan dongeng “Sang Burung Biru”. Hal yang paling kaget, anak yang teriaknya paling keras-yang-aku-sangka-paling-badung ternyata maunya dekat sama aku, jadi selama dongeng, anak itu duduk di pangkuanku.

Di kelas kelompok usia kecil

Saatnya naik taksi Blue Bird bersama kelompok kecil

Yeayyy abis turun dari taksi Blue Bird :D

Yuk naik taksi Blue Bird sama kaka Wulan :)

 

Setelah dongeng selesai, mereka naik taksi keliling perumahan, didampingi oleh guru-gurunya. Selesai berkeliling, kami foto bersama dan setelah itu langsung ke kelas yang kelompok usianya lebih besar. Di sini anak-anaknya lucu-lucu dan sudah pintar, cantik, dan ganteng. Mereka juga sangat akrab dengan kami.

Anak-anak kelompok besar menyimak dongeng Sang Burung Biru dengan seksama

Sebelum naik taksi, mereka juga diberi dongeng “Sang Burung Biru” dan terlihat menyimak dengan seksama, bahkan mereka aktif dalam tanya-jawab. Setelah dongeng selesai, kami beranjak ke tempat parkir untuk naik taksi. Anak-anak itu sangat senang diajak naik taksi, bahkan ada beberapa anak yang sangat denganku dan inginnya selalu dengan aku. Ada juga anak-anak yang ‘caper’ sama aku, mulai dari meminta dibetulkan kancing bajunya, hingga membetulkan sepatunya. Tugasku hari ini menyenangkan sekali, meski sempat ngos-ngosan juga . hehe :p

Kalau jalan kaki di trotoar ya :)

Saatnya naik taksi bersama kelompok besar

Hurrayy.. Selesai naik taksi

 

Di akhir acara, kami membagikan komik Sang Burung Biru dan mainan untuk anak-anak Rising Stars. Semoga mereka menjadi anak-anak yang bersinar seperti bintang, dan tetap naik taksi Blue Bird :))) .

Bagi Anda yang sekolah/TK/Taman bermainnya ingin dikunjungi oleh kami, silahkan lho menghubungi saya di kontak di bawah ini :

Wulan Muhariani

Marketing Communications Corporate Image

(021) 7989000 ext 495 atau email ke wulan.muhariani@bluebirdgroup.com

 

 

Focus Group Discussion ‘Pengelolaan Credit Voucher’ dan Tips Mengadakan FGD

Tugas marcomm-ku kali ini adalah mengadakan focus group discussion (fgd) bersama dengan divisi voucher, divisi administrasi, divisi pembukuan, dan divisi keuangan karena FGD kali ini mengambil tema “pengelolaan credit voucher”.
FGD ini mengundang 17 perusahaan pelanggan credit voucher dari Blue Bird Group. Para perusahaan yg diundang ini dipilih secara random namun pembayarannya lancar. Tujuan dari focus group discussion ini adalah menggali insight dari pelanggan credit voucher yang corporate, seperti apa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan credit voucher ini dan apa saja masukan dan harapan dari pelanggan atas pengelolaan credit voucher untuk corporate ini.

Acara kali ini diadakan di Raja Rasa, Ampera, Jakarta Selatan. Ternyata restoran ini kecil jika terlihat dari luar, ternyata bagus banget.. Makanannya enak, sehat, berkualitas, harganya affordable, suasananya seperti bukan di Jakarta. Kita juga bisa milih mau makan di kursi, lesehan, atau makan di saung. Ketika masuk ruangan ini kita disambut oleh lagu khas sunda, karena restoran ini adalah restoran sunda dan sea food.

Suasana di depan kolam ikan

Suasana di sekitar saung

Boleh milih, mau duduk apa lesehan

 

Nah, kali ini aku mau bagi-bagi tips jika ingin mengadakan FGD (Focus Group Discussion):

1. Pilihah customer potensial yg dapat digali insight sebanyak mungkin
2. Siapkan slide presentasi yg akan disampaikan
3. Siapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada peserta FGD
4. Siapkan talking point yang akan dibicarakan
5. Mengundang peserta, usahakan tidak lebih dari 20. Jika peserta mencapai 20, bagilah ke dalam 4 bagian agar FGD dapat berjalan lebih efektif.

6. Undanglah 5 peserta lagi (sebagai cadangan), karena belum tentu semua peserta hadir

7. Siapkan F&B yang pas

8. Pada hari H, persiapkan acara satu jam sebelumnya yaa..

9. Berusahalah untuk mingle dengan peserta agar mereka terlihat enjoy dengan kita sehingga insight yang didapatkan akan banyak

10. Berikan souvenir sebagai kenang-kenangan

Semoga sukses ya bagi yang ingin menjalankan FGD 🙂

Suasana FGD (Focus Group Discussion)

 

Tips Aman Menggunakan Taksi

Hidup di Jakarta dan kota-kota besar memang harus selalu berwaspada agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, maka dari itu saya akan berbagi tips aman menggunakan taksi.

Check this out 🙂

Memesan Taksi Melalui Telepon

• Pesanlah melalui telepon-terutama di malam hari.

Memesan taksi melalui telepon merupakan cara yang paling aman untuk bepergian khususnya di malam hari. Lakukanlah perbandingan untuk mencari perusahaan yang menyediakan jasa yang terbaik.

• Pilihlah perusahaan yang anda percayai.

Ketika anda memesan melalui telepon, anda bebas memilih perusahaan taksi, dan karena pesanan anda termonitor, masalah yang timbul dapat dilaporkan.

Mendapatkan Taksi Di Jalan

• Perhatikan nama perusahaan.

Usahakan untuk memilih taksi dari perusahaan yang ternama dan terpercaya. Jangan menilai taksi dari warnanya. Sebagai contoh, ada lebih dari 10 perusahaan taksi yang berwarna biru yang menggunakan atribut nomor body. Perhatikan secara seksama nama perusahaan dan bentuk logo di bagian samping kendaraan dan di lampu mahkota.

• Apakah pengemudinya mau pergi ke arah yang Anda tuju?

Sebelum naik kedalam taksi pastikan terlebih dahulu jika pengemudinya setuju untuk mengantarkan anda sampai ke tujuan anda. Pada umumnya para pengemudi enggan menuju daerah padat lalu lintas atau rawan kemacetan.

• Perhatikan nomor taksi dan Kartu Pengenal Pengemudi.

Ketika naik ke dalam taksi, catatlah nomor kode taksi yang ada di dashboard dan pintu mobil. Juga perhatikan Kartu Pengenal Pengemudi yang mencantumkan nama pengemudi, nomor registrasi dan fotonya di dashboard. Cermati dengan seksama apakah  wajah pengemudi yang ada di Kartu Pengenal Pengemudi sesuai dengan pengemudinya. Bila ragu, atau pengemudi tersebut berusaha menyembunyikan wajahnya, batalkan menggunakan taksi tersebut.

 

• Periksa penampilan pengemudi.

Pada perusahaan taksi yang profesional, pengemudinya harus mempunyai tingkah laku yang baik dan sopan, berpotongan rambut pendek, mengenakan seragam dan sepatu. Dalam hal ini, lebih baik “menilai seseorang melalui penampilannya.” Untuk menjaga kesegaran dan kebersihan, beberapa perusahaan menerapkan aturan ‘Dilarang Merokok’ di dalam taksi.

• Jangan menawar.

Keluarlah dari taksi jika pengemudi berusaha untuk menawarkan tarif borongan atau berdalih argometernya sedang rusak.

Mendapatkan Taksi Dari Pangkalan Taksi

• Bersikeraslah untuk menggunakan argometer.

Lebih berhati-hatilah jika anda mendapatkan taksi dari antrian taksi, misalnya di bandara udara, stasiun kereta api, atau terminal bis. Biasanya, pengemudi taksi tersebut berusaha untuk menawarkan tarif borongan dan akan menolak mengantarkan ke tujuan jarak dekat.  Jika anda menyetujui tarif borongan, pada akhirnya anda harus membayar 2 atau 3 kali lipat dari tarif argometer. Jangan menggunakan calo taksi.

• Carilah taksi Blue Bird atau Silver Bird di hotel terdekat.

Jika anda tidak berhasil mendapatkan taksi di jalan, pergilah ke hotel terdekat. Taksi-taksi Blue Bird Group tersedia di hampir semua hotel besar di Jakarta.

Foto: BBG


Menggunakan Taksi Di Bandara

• Jangan pernah menggunakan calo dari taksi gelap.

Bila anda di bandara, jangan pernah menggunakan jasa transportasi dari calo yang mendekati anda dan menawarkan transportasi. Ini merupakan usaha layanan tranportasi ilegal, dan bila anda menggunakannya, anda harus siap menanggung resikonya. Selain dari antrian taksi biasa, beberapa perusahaan yang memperoleh ijin untuk mengoperasikan transportasi di bandara memiliki gerai di dalam terminal kedatangan. Petugas dapat dikenali dari seragam dan tanda pengenal yang dikenakannya.

• Gunakan gerai Blue Bird Group.

Pola penataan transportasi di Bandara kini telah berubah. Bila sebelumnya calon penumpang harus menggunakan taksi sesuai nomor urut antrian, kini Anda bebas memilih taksi yang sesuai dengan selera yang berada di antrian parkir. Namun, seringkali di tengah perjalanan ada pengemudi yang menolak menggunakan argometer atau menuntut biaya lain. Bila terjadi hal demikian, jangan sungkan-sungkan melaporkan kejadian kepada pihak Bandara. Jika anda merasa kuatir akan hal ini, pilihlah transportasi lain seperti Silver Bird yang memiliki pangkalan taksi eksklusif di bandara.  Blue Bird Group mengoperasikan layanan taksi eksekutif Silver Bird dan mobil mewah Golden Bird dari gerai Blue Bird Group yang terdapat di semua terminal kedatangan A,B,C,D,E, dan F.

 

 

Blue Bird Group Kembali Meraih Penghargaan Corporate Image Award 2012

Untuk ke enam kalinya semenjak tahun 2006, Blue Bird Group mendapatkan penghargaan di ajang Corporate Image Award 2012 yang sebelumnya bernama Indonesian Most Admires Companies (IMAC) sebagai the best in building and managing corporate image kategori taksi. Penghargaan ini diberikan oleh Handy Irawan selaku Chairman Frontier Consulting Group dan diterima oleh Tony Andrianto selaku Senior Manager Corporate Image Blue Bird Group. Penghargaan ini diberikan di Grand Ballroom I Hotel Mulia, Jakarta Selatan.

“Kami sudah menerima penghargaan ini selama 6 tahun berturut-turut dan ini membuktikan Blue Bird telah menjaga performanya dengan baik untuk menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi umum.” Tony mengatakan.

Tony menambahkan dengan penghargaan ini menjadi satu motivasi untuk terus mempertahankan prestasi dan meningkatkan pelayanan untuk para pelanggan kami.

“Blue Bird merupakan perusahaan yang mempunyai image yang bagus dan dekat dengan pelanggan,” Handy Irawan mengatakan.

Handy menambahkan bahwa selain pelayanannya yang bagus, Blue Bird juga merupakan perusahaan yang inovatif, mempunyai kualitas manajemen dan kinerja yang bagus.

IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies) Award adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang paling dikagumi di Indonesia berdasarkan survey yang dilakukan oleh Frontier terhadap empat kelompok responden yaitu 240 jurnalis, 240 investor, 320 kalangan manajemen dari kalangan menegah hingga high level executive, dan 1680 kaum publik.

Kriteria responden investor adalah mereka yang pernah melakukan transaksi saham di Indonesia ataupun luar negeri dalam satu tahun terakhir dan/atau saat ini menanamkan modal dalam bentuk saham, obligasi, ataupun reksa dana pada perusahaan tertentu. Responden manajemen diambil dari mereka yang mempunyai jabatan minimal manajer pada perusahaan barang/jasa dengan usia 30-60 tahun.

Sementara responden jurnalis dengan usia 20 dan 50 tahun, dan publik diambil dari masyarakat umum dengan usia 21-60, minimal mereka berasal dari kelas A+ dan memiliki pengeluaran paling sedikit Rp 5 juta per bulan.

Kriteria penilaian menggunakan empat dimensi: kualitas, kinerja, tanggung jawab dan daya tarik. Dimensi kualitas terdiri dari empat atribut yaitu perhatian tinggi terhadap konsumen, produk/jasa berkualitas tinggi, perusahaan dapat dipercaya dan inovasi. Dimensi kinerja terdiri dari tata kelola perusahaan dengan baik dan peluang untuk tumbuh dan berkembang. Dimensi tanggung jawab mencakup kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial. Untuk dimensi daya tarik, berdasarkan pada perusahaan sebagai tempat kerja idaman dan sejauh mana perusahaan memiliki karyawan berkualitas.

 Scope of Work Marcomm :

Nah, ini bagian saya sebagai Marcomm di sini. Saya bertugas untuk liaise dengan panitia kegiatan di mana saya harus mengisi form dan hal-hal lainnya. Saya juga bertugas untuk liaise dengan pihak internal untuk mengkomunikasikan kepada jajaran direksi dan manager dalam penentuan yang akan menerima award tersebut. Setelah menentukan penerima award, maka saya harus mengumpulkan perwakilan kepala bagian dari masing-masing divisi untuk turut serta karena Blue Bird mendapatkan 1 meja (8 orang) yang disebut sebagai meja pendamping penerima award. Mengumpulkan orang-orang tersebut bukanlah perkara mudah karena mereka mempunyai agenda yang sibuk.

Akhirnya, yang berangkat ke Hotel Mulia adalah sebagai berikut :

1. Teguh Wijayanto (Head of Public Relations)

2. Wulan Muhariani (Marketing Communications)

3. Nova Hapsari (CSR)

4. Aman (Manager Golden Bird)

5. Windah (Staf Golden Bird)

Kami juga didampingi oleh konsultan kami, yaitu dari Budge Communications :

1. Rizki Syahmanda (Photographer)

2. Dinda Sudomo (PR C0nsultant)

3. Erlangga (PR Consultant)

Aman Pribadi (Manager Golden Bird), Wulan Muhariani (Marcomm), Windah (Staf Golden Bird), Tony Andrianto (Senior Manager Corporate Image) berfoto bersama sebelum acara dimulai

Teguh Wijayanto (Head of PR),Erlangga (PR Consultant), Tony Andrianto (Senior Manager Corporate Image), Wulan Muhariani (Marcomm)

Wulan, Windah, Nova

Table Number 3

Tony Andrianto (Senior Manager Corporate Image) menerima penghargaan

 

Informasi Lowongan Kerja Terbaru di Blue Bird Group

Dalam rangka perkembangan usaha, Blue Bird Group sebagai market leader membutuhkan banyak tenaga muda potensial untuk posisi-posisi sebagai berikut :

1) Management Development Program (Kode : MDP)

Persyaratan :

– Pendidikan S1 Fakultas Teknik / Pertanian / MIPA dan eksakta lainnya

– IPK Minimal 3.0

– Usia maksimal 28 tahun

– Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun

– Bersedia ditempatkan di cabang / pool Blue Bird Group

2) Staf Rekrutmen Pengemudi (Kode : REC)

Persyaratan :

– Pendidikan S1 Psikologi

– Usia maksimal 28 tahun

– Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun

– Bertanggung jawab terhadap proses rekrutmen, seleksi dan konseling pengemudi

– Bersedia ditempatlan di cabang / pool Blue Bird Group

3) Staf Operasional Pool (Kode : SOP)

– Pendidikan D3

– Usia maksimal 28 tahun

– Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun

– Bersedia bekerja shift dan ditempatkan di cabang/pool Blue Bird Group

4) Customer Sevice Counter / Bandara (Kode : CS)

– Pendidikan Diploma semua jurusan

– Usia maksimal 28 tahun

– Berbahasa Inggris aktif

– Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun

– Bersedia bekerja shift dan ditempatkan di hotel berbintang di wilayah Jakarta atau Bandara Soekarno Hatta

5) Call Center (Kode : CC)

– Pendidikan Diploma

– Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun

– Usia maksimal 28 tahun

– berbahasa Inggris aktif dan bersedia bekerja shift

– Terbuka untuk lulusan SMU / Sederajat dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun

 

Tuliskan kode posisi yang dilamar pada pojok kiri atas amplop.

Kirimkan surat lamaran lengkap disertai nomor telepon, ditujukan ke :

HR Department – Blue Bird Group

Jl. Mampang Prapatan Raya No. 60 Jakarta 127990

 

Blue Bird “Blogger Writing Contest”

Halo semua!

Blue Bird Group kembali mengadakan Blogger Writing Contest dengan tema :
“Mudahnya Memesan Taxi Via iPhone & android” berdasarkan event launching pada Rabu, 7 Desember 2012..
Bagi yang tidak ikut acaranya, jangan khawatir! Kontes ini terbuka untuk umum, khususnya untuk rekan-rekan blogger sekalian..

KRITERIA :
1) Penilaian berdasarkan isi tulisan yang mengandung key message dari Blue Bird, manfaat-manfaat yang didapat dengan memesan taxi via mobile
2) Key Messagenya adalah : Memesan taxi melalui iPhone dan android telah menjadi gaya hidup (lifestyle) masa kini (Life is so easy)
3) Menggunakan tags : Taxi Mobile Reservation, aplikasi pemesanan taxi

Hadiahnya apa ?
Ada 1 iPhone yang siap pindah tangan ke tangan kamu! 🙂

Kapan paling lambat upload tulisan ?

Paling lambat tanggal 23 Desember 2011 yaaa 🙂

Product knowledgenya bisa dilihat di http://www.bluebirdgroup.com/mobile

Setelah tulisan dipost, monggo mengirimkan linknya dengan me-reply postingan ini..
Kalau ada yang mau ditanyain lagi, bisa langsung mention @wulan_muh

Thank you 🙂

LIFE IS SO EASY . . .

Best Regards,
@wulan_muh