Selamat Tinggal Salah Satu Gigi Graham-Ku!

Pengalaman dicabut gigi di RS Swasta di Jakarta

Tak kusangka, diriku akan berpisah dengan salah satu gigiku, yaitu gigi graham bagian kiri bawah. Sebenarnya sudah lama gigi aku ada yang bolong gara-gara makan cireng crispy huhuuu sedih banget. Trus bandelnya aku (jangan diikutin ya) takut ke dokter gigi karena pasti akan ada tindakan kan. Pernah waktu hamil ngerasain sakit gigi, karena banyaknya kalsium yang terserap untuk jabang bayi. Padahal Ibu hamil itu kesehatan gigi harus terjaga dan gak boleh ada yang bolong. Sakitnya bukan main! Habis melahirkan, gigi aku gak sakit lagi dan terbuailah dengan ketidak-sakitan itu.

Tahun 2020, gusi-ku nyut-nyutan, tapi ku hiraukan saja (sakit gak dirasa-rasain). Eh kok makin hari malah makin sakit, apalagi setelah aku naik pesawat yang katanya memperparah sakit di tengah-tengah kondisi gigi berlubang. Sampai di kota tujuan, aku gak tahan sama sakitnya, akhirnya chat Halodoc dan konsultasi dengan dokter gigi yang tersedia. Diresepin lah Ibuprofen untuk menahan rasa sakit sementara. Sepulangnya ke Jakarta, sakit giginya gak sembuh-sembuh, bahkan sampai migrain dan gak fokus kerja.

Kunjungan pertama ke dokter gigi untuk dicek dan langsung Perawatan Saluran Akar (PSA) pertama.Biar gak tegang, nyambi baca buku deh.

Akhirnya aku memberanikan diri ke dokter gigi di RS Jakarta Medical Center (JMC) yang memang langgananku.  Dokter gigi di JMC ini banyak sekali, bahkan polinya ada 2.  Jadi bingung mau pilih dokter yang mana. Setelah googling, ada nama 2 dokter yang jadi rekomendasi, dan akhirnya aku memilih ke drg. Mariana di hari Sabtu. Katanya drg Mariana Emilia itu baik, ramah, cantik, lemah lembut dan islami. Wah kayaknya aku bakalan cocok sama tipe dokter yang kaya gitu (di luar cantik dan sisi religi maksudnya ya). Hari itu sedikit yang mengantri ke dokter gigi, jadi aku bisa ditangani cepat. Beliau menyapa dengan ramah, aku menceritakan sakit yang dirasa dan beliau langsung memeriksanya. Sebelum memeriksa dan tindakan, dia selalu mengucapkan basmallah dan meminta maaf karena memang bikin sakit/tidak nyaman. Kan jadi tenang ya meski tetap aja deg-degan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diputuskan untuk Perawatan Saluran Akar (PSA). Pertama-tama gigi akan dibersihkandan gusi seperti ‘ditusuk-tusuk’ untuk mencari akar yang menyebabkan sakit, ternyata ketemulah 2 akar. Setelah itu dilakukan perawatan dan ditutup dengan tambalan sementara. Total biaya habis Rp. 600.000 (Biaya dokter, obat, tindakan dan administrasi). Satu minggu setelahnya, saya harus kembali untuk melanjutkan PSA (Ya, PSA itu memang butuh beberapa kali kunjungan). Kunjungan kedua sudah cukup santai, namun yang mengejutkan baru ketahuan bahwa something wrong dengan sisa gigi saya sehingga harus dirontgen. Ia menyarankan saya untuk berdoa agar giginya masih bisa diselamatkan, dan ia pun bilang akan ikut berdoa untuk gigi saya. Di kunjungan kedua ini menghabiskan biaya Rp. 550.000 (biaya dokter, tindakan dan administrasi).

Kunjungan kedua, masih PSA dan ternyata harus dirontgen.

Karena di JMC tidak ada rontgen gigi, saya berniat ke Parahita, namun di Parahita alatnya sedang rusak, jadi saya ke Audy Dental di Bangka, Kemang. Ternyata di sana hasil rontgen periapikal-nya tidak dicetak, tapi dikirim ke email pelanggan (biaya Rp. 125.000). Saya pikir, dokter pasti bisa membaca hasilnya meski dalam bentuk soft copy. Ternyata kunjungan berikut ke dokter gigi, hasik rontgen tetap lebih baik diprint karena untuk mengukur apa gitu (lupa), tapi untuk kasus saya, dari hasil scan sudah terlihat bahwa di dalam gusi, giginya sudah terbelah sehingga tidak bisa diselamatkan.  Ya sudah, waktunya say good bye dengan gigi grahamku.

Pertama-tama, ditensi terlebih dahulu dan taraaa ternyata TD aku 135 dong (cukup tinggi). Dokter mengajak relaks selama 5 menit dan setelah diukur kembali TD sudah normal di 110. Proses pencabutan gigi pun dimulai yang memakan waktu sepertinya 10 menit yang sebelumnya gusi akan disuntik antestasi.

Setelah itu, saya tidak langsung ke kasir dan menebus obat, tapi duduk diam di poli umum sambil menangis menahan sakit (bodo amat diliat orang). Setelah mereda sedikit, saya langsung ke kasir dan menebus obat (ternyata cukup lama karena sedang banyak pasien). Tepat 1 jam dari keluar poli gigi, obat sudah keluar dan saya langsung kembali ke poli gigi untuk menanyakan apa yang harus saya lakukan selanjutnya (padahal tadi sudah diberitahu, tapi saya gak mudeng karena sakit).  Oh ia, pencabutan gigi menghabiskan biaya sebesar Rp. 585.000,-.

Rasanya cabut gigi? OMG aku gak mau lagi! Sakit bukan main. Meski sudah minum antibiotik dan pain-killer, sakitnya gak hilang-hilang meski sudah mereda. Total aku sembuh sampai tidak merasa sakit itu 1 minggu. Selama 1 minggu itu pula aku minum air dingin terus untuk memberhentikan perdarahan dalam mulut dan makannya juga pelan-pelan. Setelah itu aku merasa ada yang mengganjal di bagian gigi dicabut, ternyata itu gusi yang sedang tumbuh untuk menutupi bagian luka. Sampai sekarang ini sih aku sudah bisa beradaptasi dan bisa makan minum normal. Nah, 1 bulan setelah pencabutan gigi, disarankan untuk pembersihan gigi terlebih dahulu dan 2 minggu setelah itu bisa membuat gigi palsunya.

Demikian pengalaman-ku mencabut gigi. Terima kasih sudah membaca dan semoga ada yang bisa dipelajari ya 🙂

Lesson learned:

  • Kalau ada gigi bolong, harus langsung diperiksakan ke dokter gigi. Jadi giginya masih bisa dirawat dan ditambal permanen.
  • Periksa ke dokter gigi 6 bulan sekali (terdengan klise, but WE HAVE TO!)

Hair Dating bersama Natur: Pentingnya Merawat Rambut dan Kesehatan Kepala dan Workshop Sosial Media Bersama Ani Berta

Siapa yang setuju kalau rambut dan kepala itu harus sehat? Sehat berarti bebas ketombe, rambut tidak kering, kuat dan tentunya tidak rontok. Wah idaman banget, kan! Tapi apa susah ya punya rambut dan kepala yang sehat, secara rambut kita sering di-styling (catok, diwarnai, penggunaan topi/helm dll), apalagi buat yang berjilbab, kadang kondisi kepala kepanasan dan jadi lembab sehingga bisa menyebabkan ketombe.

Sebenarnya banyak sih faktor kerusakan rambut, bisa dari internal maupun eksternal. Dari internal seperti dari usia, genetik, pola makann, kondisi pikiran sedang stress, dan pola hidup tidak sehat. Sedangkan faktor eksternal seperti kosmetik untuk rambut, perlakuan dekoratif, debu, cuaca, dan sinar UV matahari. Kalau aku sendiri punya permasalahan rambut kering dan rontok, apalagi sehabis melahirkan, rontoknya tambah parah. Nah, maka dari itu penting banget agar rambut dirawat dengan bahan-bahan alami. Untung ada Natur yang varian products-nya terbuat dari berbagai bahan alami seperti ginseng, moringa, tea tree dll.

My outfit di Hair Dating session bersama Natur

Sejatinya, perawatan rambut dimulai dari keramas dengan shampoo untuk membersihkan, conditioner untuk melembutkan, hair tonic untuk menguatkan dan hair mask untuk menutrisi.  Yuk kita bahas satu-satu permasalahan rambut dan bagaimana solusinya.

Kerontokan

Kerontokan merupakan salah satu permasalahan rambut yang paling banyak dialami dan menakutkan bagi laki-laki maupun perempuan. Kerontokan biasanya terjadi karena keturunan, stress, produk kosmetik rambut yang kurang tepat, perlakuan dekoratif, gizi kurang seimbang, keramas dengan air terlalu panas sehingga merusak lapisan rambut, efek samping obat-obatan, hormonal dan masa pengobatan. Jika dalam satu hari rontok rambut lebih dari 100 helai, perlu ditangani dengan cara yang benar agar tidak terjadi kebotakan.

Solusinya ada di Natur Ginseng Series yang terbukti berkhasiat untuk membantu menguatkan akar dan helai rambut. Untuk penggunaan sehari-hari menggunakan shampoo, conditioner dan hair tonic Natur yang terbuat dari ginseng. Untuk penggunaan mingguan menggunakan hair mask Natur yang terbuat dari ginseng.

Rambut Tipis

Jika memiliki rambut tipis, kita membutuhkan produk yang bahannya dari aloe vera/lidah buaya karena berfungsi menyediakan vitamin, mineral, dan zat lainnya yang berfungsi menumbuhkan dan merawat kesehatan rambut. Solusinya ada di Natur Aloe Vera Series, penggunaan sehari-hari menggunakan shampoo, conditioner, hair tonic dan hair vitamin Natur yang terbuat dari aloe vera, sedangkan penggunaan mingguan menggunakan hair mask dari aloe vera. Hair mask-nya ini murah banget lho, harganya di bawah Rp. 10.000 dan bisa dipakai 2 – 3 kali jika berambut pendek. Hemat dan efisien kan dibanding nyalon terus-terusan… Hehee..

Ketombe

Penyebab ketombe adalah meningkatnya jumlah jamur ‘malassezia globosa’ pada kulit kepala akibat kulit kepala yang berminyak akibat polusi, panas dan kerusakan dari penataan rambut. Solusinya adalah Natur tea tree oil + ginseng series. Cukup menggunakan shampoo Natur dengan bahan tea tree oil (TTO), conditioner dan hair tonic untuk penggunaan harian, lalu hair mask untuk penggunaan mingguan.

Penyebab ketombe adalah meningkatnya jumlah jamur ‘malassezia globosa’ pada kulit kepala akibat kulit kepala yang berminyak akibat polusi, panas dan kerusakan dari penataan rambut. Solusinya adalah Natur tea tree oil + ginseng series. Cukup menggunakan shampoo Natur dengan bahan tea tree oil (TTO), conditioner dan hair tonic untuk penggunaan harian, lalu hair mask untuk penggunaan mingguan.

Hair coloring

Kadang mewarnai rambut bisa jadi suatu kebutuhan, untuk gaya, untuk menyenangkan suami dan bisa jadi untuk eksistensi diri. Tapi zat pewarna rambut mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan rambut seperti membuat rambut jadi kusam, rapuh, mudah patah, kering dan kasar. Nah, solusinya ada pada Natur Olive oil + Vitamin E Series N Natur ginseng series.

Di luar dari produk-produk tersebut,  Natur punya Shampoo keluarga lho! Jadi 1 shampoo bisa dipakai buat ayah, ibu dan anak-anak (di atas usia 3 tahun). Lebih praktis ya jadinya!

Mbak Clara sebagai brand executive Natur menjelaskan produk-produk Natur dan khasiatnya, salah satunya adalah shampoo keluarga dari Natur.

Workshop Bagaimana Menjadi Professional Blogger oleh Ani Berta

“Seorang blogger yang profesional tidak boleh membatasi diri, mulai dari pergaulan dan pengetahuan.” Ujar Teh Ani Berta, founder Indonesia Social Blogpreneur (ISB)

Setelah sharing session mengenai perawatan rambut, waktunya sharing session bersama Teh Ani Berta selaku founder Indonesian Sosial Blogpreneur (ISB). Sesi kali ini membahas bagaimana caranya menjadi blogger profesional, karena tidak dapat dipungkiri semakin banyak blogger bermunculan dengan konten-konten yang kreatif dan menarik, lalu bagaimana kita menyikapinya?

Menurut Teh Ani, kita tuh gak boleh ‘mager’ alias malas gerak karena blog kita harus tetap update agar tidak kehilangan pembaca. Konten kita juga harus tetap relevan, terbuka terhadap berbagai banyak hal, kita juga harus meningkatkan wawasan melalui membaca, ngobrol dengan yang berpengalaman, update artikel organik (70% organik : 30% sponsor) dan paksakan diri untuk upgrade skills. Misalnya kita sudah mahir menulis, mungkin bisa belajar untuk belajar fotografi dll.

Sebagai seorang blogger, kita juga harus membuat tulisan organik (tanpa mengandung pesan sponsor) yang bisa memberikan kontribusi pemikiran dan manfaat untuk pembaca. “Usahakan buat satu bulan sekali artikel andalan dan mulai biasakan menulis berdasarkan data, observasi dan narasumber yang kuat”. Ujar Teh Ani. Selain itu seorang blogger harus adaptasi dengan perkembangan zaman dan perkuat identitas diri (branding).

Senangnya ada acara dari brand itu bisa ketemu sesama blogger 🙂 . Sebelah kiri aku ada Rhie dan sebelah kanan ada Mbak Fara.
Senangnya bisa kumpul sesama anggota ISB di hair dating bersama Natur.

Pentingnya Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Susu dan Kehidupan Kita

Susu sudah lekat dengan kehidupan kita, mulai kita dilahirkan ke dunia ini, yang dikonsumsi pertama kali adalah susu, khususnya Air Susu Ibu (ASI) – ekslusif 6 bulan dan banyak juga yang meneruskannya hingga usia anak 2 tahun. Namun terkadang jika anak sudah cukup besar, susu dilupakan karena anak lebih suka makan dan minum selain susu.


Data Badan Pusat Statistik tahun 2017 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi 16,62 kg susu per kapita per tahun. Sebagai pembanding, di tahun yang sama, tingkat konsumsi susu Filipina adalah 17,8 kg/kapita/tahun; Thailand 22,2 kg/kapita/tahun; Myanmar 26,7 kg/kapita/tahun; dan Malaysia 36,2 kg/kapita/tahun. Walau demikian, konsumsi susu masyarakat Indonesia sebenarnya meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2000, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya berada di angka 6,4 kg per kapita per tahun, lalu pada 2005, angka itu meningkat menjadi 9,3 kg/kapita/tahun. Meski begitu, tetap saja, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia tidak cukup tinggi. Padahal, susu penting untuk tumbuh kembang anak.

Manfaat Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Susu memiliki kandungan penting dalam tumbuh kembang anak, seperti lemak yang dibutuhkan untuk perkembangan otak. Penelitian menunjukkan bahwa susu bermanfaat dalam pembentukan tulang untuk jangka panjang, karena susu kaya akan kalsium. Susu juga menyediakan karbohidrat sebagai sumber energi yang dibutuhkan anak untuk aktivitasnya sepanjang hari.


Selain itu, susu memiliki kandungan gizi seperti protein kasein yang bermanfaat dalam meningkatkan penyerapan mineral, seperti kalsium dan fosfor, sedangkan protein ehey sangat baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Susu juga mengandung vitamin dan mineral, di antaranya adalah vitamin B12, kalsium, riboflavin dan fosfor. Selain itu, kebanyakan produk susu juga diperkaya dengan vitamin lain, termasuk vitamin A dan D.

Mengonsumsi susu juga menurunkan peluang stunting lho bun! Stunting adalah kondisi dimana tubuh anak perawakannya pendek. Sayangnya masih banyak yang belum mengerti dan peduli dengan kondisi ini. Pemantauan Status Gizi (PSG) 2017 menunjukkan prevalensi Balita stunting di Indonesia masih tinggi, yakni 29,6 persen di atas batasan yang ditetapkan WHO sebesar 20 persen.

Dampak paling merugikan dari stunting khususnya terhadap perkembangan otak. Riset menunjukkan stunting mengurangi IQ sebesar 5-11 poin. Nilai sekolah anak-anak jadi lebih rendah. Bukan itu saja, anak-anak yang lahir dengan berat badan kurang punya peluang 2,6 kali lebih kecil untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. Saat anak terkena stunting, produktivitas mereka akan berkurang saat usia muda – capaian pendidikan lebih rendah menghasilkan pekerjaan dengan pemasukan lebih kecil. Info lebih lanjut tentang stunting, klik di sini.

Nah, untuk meminimalisir resiko stunting, orang tua perlu memenuhi nutrisi si kecil, selain dengan makanan yang bergizi, sayur dan buah, minum susu juga dapat menunjang penurunan resiko stunting.

Tips Memilih Susu Pertumbuhan untuk Anak

  1. Sesuaikan dengan usia
  2. Pertimbangkan rasa yang lezat
  3. Perhatikan kandungan nutrisinya

Bagaimana Jika Anak Alergi Susu Sapi?

Tenang Bunda, jika anak terbukti alergi susu sapi, maka kita bisa memberikan si kecil susu formula yang terbuat dari kedelai/soya. Menurut Prof Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), “Formula dengan isolat protein soya merupakan nutrisi yang tidak kalah baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pola pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi metabolisme, fungsi reproduksi, endokrin, imunitas, dan sistem saraf otak dari anak-anak pengonsumsi protein susu sapi dengan isolate protein soya tidak berbeda secara signifikan dengan anak-anak yang mengonsumsi susu sapi.”


Jangan lupa menerapkan 3K (Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan). Baca juga cerita saya ketika si kecil mengalami alergi susu sapi.

Ketika anak sulung saya terbukti alergi susu sapi, kami memberikan susu SGM Eskplor Soya agar anak dapat tetap mengonsumsi susu untuk tumbuh kembangnya.

5 Hal yang bisa dilakukan saat di Tempat Wisata Taman Bambu Tangerang

 

sumber:tangerangkota.go.id

sumber:tangerangkota.go.id

Tangerang sepertinya tidak mau kalah dengan kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa. Berbagai tempat wisata di Tangerang kini mulai bermunculan, salah satunya adalah tempat wisata dengan konsep taman. Taman tersebut adalah Taman Bambu yang dibangun tahun 2016 oleh Dinas Pertamanan Tangerang. Konsep taman bambu sendiri tidak datang sendirinya dari Dinas Pertamanan Tangerang, namun berkat kerjasama dengan Komunitas Bambu Nusantara yang lebih mengerti tentang sisi-sisi lain yang dimiliki oleh bambu.

Setelah diresmikan menjadi tempat publik, tempat wisata di Tangerang ini langsung diserbu anak-anak muda hingga orang dewasa. Bahkan, jika sudah memasuki akhir pekan, taman ini penuh dengan anak-anak karena konsep tempat wisata ini ternyata adalah tempat edukasi sekaligus sebagai tempat bermain dan bersantai. Dikutip dari berbagai sumber, ini lah daya tarik Taman Bambu yang membuatnya menarik.

Berfoto di jembatan gantung

Hampir semua taman yang ada saat ini memiliki sebuah spot berupa jembatan. Hal yang sama juga bisa ditemukan oleh pengunjung ketika datang menuju taman bambu. Hanya saja, jembatan di taman bambu berbeda dengan jembatan-jembatan lainnya. Jembatan ini dibuat dari bilah-bilah bambu yang dirangkai sedemikan rupa sehingga menjadikannya terlihat sebagai sebuah jembatan menarik. Jika dilihat dari kejauhan, jembatan ini terlihat cantik dengan pohon-pohon hijau disekelilingnya. Makanya tidak jarang pengunjung harus rela antri untuk bisa berfoto di jembatan bambu ini.

sumber:tangerangkota.go.id

sumber:tangerangkota.go.id

Bertualang di aneka rumah bambu

Karena Dinas Pertamanan kota Tangerang bekerjasama dengan Komunitas Bambu Nusantara, maka hal-hal baru disuguhkan melalui taman ini. Salah satunya adalah petualangan di rumah-rumah bambu yang dibangun sedemikan rupa. Rumah-rumah ini memiliki keunikan tersendiri sehingga cukup seru untuk anak-anak yang ingin menikmati wisata singkat di taman ini.

Berfoto di perahu dan patung wanita menari

Di salah satu sisi taman terdapat sebuah perahu yang dilengkapi dengan dua orang yang sedang mendayung dan sebuah patung wanita menari. Inilah salah satu ciri khas dari taman bambu. Patung-patung ini sebagai simbol selamat datang yang diberikan kepada pengunjung taman bambu. Jangan sampai terlewatkan untuk berswafoto dengan latar patung wanita menari dan dua orang yang sedang mendayung perahu ini ya!

Baca juga : Saya, Salah Satu Turis Lokal di Perayaan Waisak

Menikmati cahaya lampion yang temaram

Jika taman-taman lain kurang menarik di kala malam, maka hal yang berbeda terjadi di taman bambu. Tempat wisata di tangerang ini menawarkan sebuah pengalaman menarik berkunjung ke taman melalui lampion-lampionnya. Bukan sembarang lampion karena lampion ini terbuat dari anyaman bambu. Cahaya yang dihasilkannya tentu saja berbeda dengan dengan lampion atau lampu-lampu umum di taman yang lain.

sumber:forwatnews.com

sumber:forwatnews.com

Bersantai di temani dengan pohon-pohon rindang

Bagi yang sudah selesai menjelajahi semua sisi taman bambu, bisa sejenak beristirahat di kursi-kursi yang disediakan di taman ini. Posisinya tepat berada dekat dengan pohon-pohon rindang, yang memberikan suasana yang sejuk. Tentu saja, tempat ini menjadi salah satu spot foto yang menarik untuk dicoba saat berkunjung ke taman bambu.

Terakhir, untuk menuju sumber-sumber spot dari taman bambu, setiap pengunjung akan diajak menjejakkan kaki di jalan-jalan setapak yang terbuat dari kayu. Penasaran dengan Taman Bambu? Tempat wisata di Tangerang ini buka setiap harinya dari pukul 07.00-22.00 dan untuk menikmati suasana taman tidak dipungut biaya apa pun alias gratis!

Tetap Bugar Selama Puasa

Rabu, 31 Mei 2017 lalu saya dan beberapa blogger berkesempatan menghadiri Buka Bersama Lazada Indonesia #BukBerLazada di Aston Kuningan, kami mendapatkan tips untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama Ramadhan.

Biasanya kalau Ramadhan itu ada yang jadi malas-malasan ya untuk beraktivitas dengan alasan loyo berpuasa, padahal ada tips dan trick-nya lho agar kita tetap bugar. Ada juga yang makannya jadi seenaknya. Seala Septiani, S.Gz – Nutrition Consultant mengatakan “Menjaga pola makan yang baik adalah salah satu kunci mendukung gaya hidup sehat. Namun, masih banyak orang yang kurang paham bagaimana mengatur pola makan, khususnya saat berpuasa di bulan Ramadhan. Menjaga keseimbangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan saat sahur dan berbuka puasa.”

Kebutuhan gizi saat puasa tidak lebih banyak dari kebutuhan normal sehari-hari di luar bulan puasa, yaitu sekitar 2.000 kkal per hari yang 60%-nya bersumber dari karbohidrat, 15% dari protein, dan 25%nya dari lemak. Selain itu , tubuh juga membutuhkan 28-38 gram serat per hari dan sekitar 2 liter air putih agar berfungsi optimal. Konsumsi makanan yang beragam dapat membantu memenuhi seluruh kebutuhan gizi tersebut, khususnya saat menjalankan ibadah puasa. Tidak berlebih, tapi juga tidak kurang. Pastikan juga cukup minum air saat sahut dan berbuka.

Selain pola makan yang seimbang, olah raga teratur adalah pendukung utama untuk mendapatkan pola hidup yang sehat di bulan puasa. Berolah raga dengan porsi yang cukup dan teratur menjadikan tubuh tetap fit dan sehat sehingga tidak mudah letih sebelum waktu berbuka, dengan intensitas 40% hingga 50% lebih sedikit dari zona latihan yang biasa dilakukan.

Apa saja sih jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa? Sebagai Co-Founder Sana Studio, Laila Munaf bilang “Puasa bukanlah halangan untuk tetap berolahraga, seperti jogging/treadmill ringan, bersepeda, yoga hingga berenang. Selain itu, masih ada beberapa teknik olahraga tingan yang bisa dilakukan, seperti olahraga kelenturan contohnya plank atau senam lantai atau olahraga yang membentuk otot.” Kemudian Mba Laila dan kami pun mempraktikkan olahraga ringan menggunakan sarana yang ada, misalnya kursi.

Nah teman-teman, puasa jangan dijadikan alasan untuk malas-malasan ya, ayo bangun-bangun jangan kebanyakan tidur 😀 (*kemudian ngaca diri sendiri :p )

Tim Lazada, Sahabat Anak dan para pembicara / pengisi acara

Tim Lazada, Sahabat Anak dan para pembicara / pengisi acara di acara BukBer Lazada dan Peluncuran Lazada Berbagi

Belanja Online Sambil Berbagi? Bisa banget…!

Belanja online seperti menjadi bagian yang tak terpisahkan ya bagi sebagian besar masyarakat? Termasuk aku, aku tuh dalam 1 minggu, ada aja transaksi online, apalagi kalau di bulan Ramadhan. Mudah dan banyak pilihan sih…!

Berdasarkan survey yang dilakukan Lazada kepada lebih dari 1.000 responden, ditemukan bahwa 70% responden telah mengalokasikan anggaran untuk berbelanja online selama Ramadhan dari rumah atau kantor (Aku banget nih). Waktu favorit berbelanja di siang hari, menjelang berbuka dan setelah Shalat Tarawih. Sebagian besar dari responden juga berbelanja online minimal 2 kali setiap minggunya, dan mengalokasikan 50% dari THR untuk berbelanja online. Apa aja sih yang dibelanjain? Produk-produk rumah tangga untuk perayaan Idul Fitri seperti toples kue, sprei, keset, taplak meja, gorden dan lain-lain.

Nah, good news nih buat para online shopper, karena untuk pertama kalinya Lazada menggelar kampanye Ramadhan sebulan penuh tanggal 19 Mei – 25 Juni 2017. Di periode ini juga Lazada mengadakan program #LazadaBerbagi yang mengajak para konsumen kaya kita untuk berpartisipasi dan turut berbagi kebahagiaan dengan sejumlah anak yang kurang beruntung di Jakarta. Menurut Haikal Bekti – Head of Online Marketing Lazada Indonesia bilang bahwa “Sebagai e-commerce yang terus berusaha memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, maka bulan puasa kami akan menghadirkan berbagai penawaran menarik dari seller dan brand; diskon hingga 70% untuk berbagai produk mulai dari makanan, minuman, alat olahraga, produk fashion, kecantikan; hingga undian berhadiah perjalanan Umrah gratis!”

Tim Lazada dan perwakilan Sahabat Anak

Tim Lazada dan perwakilan Sahabat Anak di BukBer Lazada dan peluncuran #LazadaBerbagi

Lazada juga menghadirkan fitur terbaru untuk mengisi pulsa secara online dengan potongan harga 15%, halaman khusus produk halal, flash sales harian dan diskon dengan beragam tema mingguna untuk semua kategori. Tidak ketinggalan sejumlah video tips Ramadhan harian.

Tidak hanya belanja atau diskon saja yang dipikirkan oleh Lazada, tapi Lazada juga peduli dengan isu pendidikan anak-anak yang kurang beruntung melalui program #LazadaBerbagi yang menggandeng Sahabat Anak. Untuk setiap pembelanjaan minimum Rp. 200.000, Lazada akan mendonasikan Rp. 5.000 kepada Yayasan Sahabat Anak. Belanja bisa sambil beramal, kan…!

Sama @harrismaul dan @dadansiganas

Sama @harrismaul dan @dadansiganas di #BukberLazada

Sama @harrismaul dan @atemalam

Sama @harrismaul dan @atemalam di #BukBerLazada

Belanja Laptop Melalui E-Commerce

Sejak bermunculan e-commerce di tanah air, salah satu favorit saya adalah MatahariMall, kita tentu jadi lebih leluasa bila ingin berbelanja online. Tanpa harus repot pergi ke luar rumah, pesanan barang yang akan segera dikirim ke rumah setelah kita melakukan konfirmasi pembayaran. Kita pun bisa membeli berbagai jenis produk, mulai dari kebutuhan dapur hingga perangkat elektronik.

Kini MatahariMall juga menjadi toko online andalan bagi kita yang sedang berburu laptop. Belanja laptop secara online di Mataharimall.com jadi lebih mudah dan menyenangkan kalau kita melakukan hal-hal ini :

Mencari dan Mengamati Spesifikasi Laptop Tertentu

Ada banyak sekali pilihan laptop yang bisa kita lihat di MatahariMall. Kita tinggal mencari tipe laptop yang kita inginkan. Kemudian jangan lupa pula untuk mengamati spesifikasi laptop tersebut. Tak masalah bila kita belum menjatuhkan pilihan pada suatu jenis laptop. Sebab kita masih bisa melihat-lihat varian laptop lain dengan fitur atau harga serupa.

Memilih Fitur Laptop Sesuai Kebutuhan

Kita tak harus membeli laptop yang harganya selangit kalau hanya membutuhkan fitur laptop standar untuk bekerja atau belajar. Jadi, jangan lupa untuk mengamati fitur laptop yang sesuai kebutuhan kita. Maka nanti kelebihan budget laptop dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting.

Memanfaatkan Promo Cicilan 0%

Jangan khawatir dulu jika kita belum punya uang tunai yang cukup untuk membeli laptop. Manfaatkan saja promo cicilan 0% bila kita membeli laptop dengan pembayaran via kartu kredit. Penawaran istimewa yang satu ini memang bikin kita tetap hemat setelah belanja online. Usahakan agar kita senantiasa membayar tagihan kartu kredit tepat waktu agar tidak perlu berurusan dengan denda kartu kredit tersebut.

mataharimall cicilan 0%

Gambar: PalingMales.com

Cara Pembayaran yang Beragam dan Praktis

Tidak perlu khawatir akan kerepotan mengurus pembayaran kalau kita berbelanja di MatahariMall. Ada beragam pilihan cara pembayaran, mulai dari transfer antar bank, transfer ke virtual account, kartu kredit, O2O (Online to Offline) hingga COD (Cash On Delivery). Maka kita dapat memilih cara pembayaran yang paling praktis dan membuat kita merasa aman saat belanja online.

Sekarang pasti kita sudah tidak ragu lagi berbelanja online di MatahariMall. Memilih laptop yang sesuai kebutuhan dan budget pasti semakin menyenangkan bersama toko online besutan Lippo Group yang satu ini.

 

3 Jilbab Instan Elegan yang Harus Kamu Miliki!

Desain dan model jilbab kini sudah tidak lagi monoton. Para hijabers telah dimanjakan dengan berbagai model macam jilbab yang sesuai dengan look yang ingin ditampilkan. Jika kamu ingin terlihat seperti “hijabers” maka kamu bisa memilih kerudung pashmina sebagai penutup kepalamu. Namun, jika kamu adalah wanita yang tidak ingin repot-repot untuk memakai kerudung maka jilbab instan bisa menjadi alternatif yang terbaik untukmu. Dapatkanlah tiga jilbab instan elegan berikut sebagai koleksi jilbab instan milikmu.

  1. Jilbab Syar’i

Sebagian besar wanita muslimah telah mengetahui jenis jilbab yang satu ini. Bagaimana tidak? Model jilbab syar’i yang sederhana akan membuat si pemakainya terlihat lebih anggun dan elegan. Jilbab syar’i adalah jilbab instan yang bisa langsung dipakai. Jilbab ini memiliki ukuran yang cukup panjang dan lebar sehingga akan menutupi bagian dada. Kini model jilbab syar’i telah memiliki aksen serta kombinasi warna yang apik sehingga kamu bisa menggunakan jilbab ini untuk acara formal ataupun informal.

Jilbab Syari ala Cindy Fatika Sari ( @cindyfaikasari18 )

Jilbab Syari ala Cindy Fatika Sari ( @cindyfatikasari18 )

  1. Jilbab Instan modifikasi

Jilbab instan modifikasi adalah kerudung yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa langsung dipakai tanpa jarum meski hanya dengan melilitnya saja. Jika dulu jilbab instan modifikasi hanya dengan model tali yang diserut, kini variasi jilbab instan sudah sangat beragam dengan berbagai macam motif yang sangat cantik dan elegan.

 

  1. Jilbab Hoodie

Bagi kamu yang tidak ingin repot-repot dengan jilbab pashmina ataupun jilbab tidak instan lainnya, kamu bisa tampil ala hijabers dengan jilbab hoodie yang satu ini. Kamu hanya perlu menggunakan inner kerudung ninja yang menutupi bagian lehermu baru kemudian menggunakan jilbab hoodie dengan warna yang sesuai dengan seleramu. Dengan begitu kamu akan tampil cantik dan menawan dalam waktu yang singkat tanpa harus meililit-lilit jilbabmu. Dimana kamu bisa mendapatkan jilbab keceyang satu ini? Tenang, online shop MatahariMall jual koleksi jilbab cantik MatahariMall dengan berbagai macam model dan motif yang sangat cantik untuk di pakai.

Sumber: tutorialjilbablengkap.blogspot.com

Sumber: tutorialjilbablengkap.blogspot.com

 

To Verification

<span data-iblogmarket-verification=”GkDiYzUNMWJy” style=”display: none;”></span>

Baik Diperuntukkan Semua Orang

Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja yang ‘ngena’ banget di saya, mudah-mudahan pembaca juga ‘ngena’ ya setelah baca pengalaman saya ini. Jadi gini….

Saya ada tugas makalah dari kampus yang mengharuskan wawancara dengan beberapa narasumber yang kompeten dan memiliki kredibilitas, kemudian saya pun menulis siapa-siapa yang akan saya wawancarai. Ketika itu saya menargetkan mewawancarai eks petinggi salah satu stasiun televisi yang sekarang juga menjadi ‘seseorang’ (yang penting) di media yang baru. Saya senang sekali karena ia merespon dan akan menjawab pertanyaan terkait makalah saya, namun saya tunggu-tunggu beberapa hari dan sudah mengingatkan juga, nampaknya ia tidak bisa membantu saya. Oh ia, saat perkenalan di email, saya hanya menyebutkan saya dari universitas mana (tidak menyebutkan saya bekerja di mana. Mungkin kalau dia tahu, dia akan langsung membantu saya).

Deadline semakin dekat, saya tidak kunjung mendapat jawaban dari Ibu itu, alias saya di-‘gantung’. Saya pun mencari narasumber lain dan ketemulah nama Ibu Billy Sarwono atau yang dikenal dengan sebutan Ibu Oni Sarwono. Hari itu juga dia merespon email saya dan menyatakan tidak bisa menjadi informan saya, di situ saya merasa sedih dan sudah lemas, tapi di akhir paragraf ia merekomendasikan 2 orang beserta kontaknya! Bayangkan, tanpa ditanya, Ibu Oni mau merekomendasikan saya kepada rekannya dan langsung memberikan kontaknya. Jarang sekali saya bertemu orang seperti beliau. Lalu saya mulai mengontak Ibu Nina Mutmainah Armando dan Alhamdulillah Ibu Nina juga orangnya sangat responsif dan baik. Akhirnya Ibu Nina menjadi narasumber saya dan kami bertemu di UI, sehubungan dengan profesinya sebagai dosen di sana. Ternyata eh ternyata, Ibu Nina ini teman dari dosen yang menugaskan pembuatan makalah itu. What a journey.. Alhamdulillah saya mendapatkan narasumber sesuai topik makalah tanpa bantuan dari jejaring si bapak dosen (saya cari sendiri dan berdoa kepada Allah).

Oh ia, ibu-yang-menggantungkan-saya itu sebenarnya kenal dengan big boss saya, namun saya tidak mau bawa-bawa nama bos dan corporate saya.

Apa yang dapat dipelajari?

  1. Berbuat baiklah kepada siapapun yang meminta pertolonganmu. Siapa tahu orang itu yang akan menolongmu nanti (si ibu itu sempat laporan barang ketinggalan dan saya mengetahui hal itu, lalu saya bantu sedikit tapi si ibu itu tidak tahu.)
  2. Orang baik itu masih ada, percaya kepada Allah. Contohnya Ibu Oni dan Ibu Nina.
  3. Berdoa terus agar diberikan kemudahan
  4. Komitmen mengerjakan tugas

Terima kasih banyak untuk Ibu Oni yang akhirnya mempertemukan saya dengan Ibu Nina. Terima kasih untuk Ibu Nina yang bersedia menjadi narasumber saya dan meluangkan waktu untuk bertemu langsung dengan saya.

Terima kasih juga untuk ibu yang menggantungkan saya. Jika Ibu tidak menggantungkan saya, maka saya tidak mendapatkan pengalaman seperti ini, mendapatkan keajaiban dan bertemu orang baik seperti Ibu Oni dan Ibu Nina.

Well, semoga kita termasuk orang yang peka, saling membantu dan rendah hati.

Foto dengan Ibu Nina Armando seusai wawancara. Ibu Nina sangat responsif dan baik. Terima kasih bu..

Foto dengan Ibu Nina Armando seusai wawancara. Ibu Nina sangat responsif dan baik. Terima kasih bu..